HousingEstate, Jakarta - Penyedia perangkat elektronik home appliances Panasonic kembali menghadirkan produk barunya menjelang akhir tahun 2016 ini. Kali ini produk yang diluncurkann dari kategori lemari es (refrigerate) atau  kulkas yang memiliki beberapa kelebihan untuk menyesuaikan dengan penggunaan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut Home Appliances Product Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Franky Purnomo Angelo, berdasarkan hasil survei kebanyakan masyarakat Asia dan khususnya Indonesia memasukan hampir seluruh jenis pangan, obat-obatan, hingga kosmetik ke dalam kulkasnya.

“Padahal kita tahu ada pangan yang menyebarkan aroma tajam, mengandung bahan kimia tertentu, dan kandungan lainnya yang bau maupun kandungannya bisa saling tercampur di dalam kulkas dan merusak produk pangan yang lainnya,” ujarnya kepada housing-esatate.com saat peluncuran produk kulkas yang disebut Bright and Beauty (BB) Series di Jakarta, Jumat (9/12).

Karena itu kulkas terbaru BB Series ini menghadirkan teknologi baru yang diusung untuk menanggulangi kebiasaan pengguna seperti ini. Kulkas BB Series menyediakan Isolated Meat Box untuk penyimpanan yang higienis pada bagian freezer-nya. Ini untuk menghindari tetesan air atau aroma daging maupun ikan yang menempel pada bagian kabin freezer dan membuat seluruh ruang kabin menjadi berbau tak sedap dan bisa mengubah aroma maupun rasa makanan.

Bukan hanya itu, disematkan juga teknologi AG Clean untuk menghailkann enzim aktif yang mampu mencegah dan menghilangkan penyebaran bau tak sedap yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri yang berkembang di dalam kulkas. Teknologi AG Clean ini bisa membuat aneka pangan yang disimpan menjnadi lebih segar dan tahan lebih lama dibandingkan kulkas tanpa teknologi ini.

Masih ada teknologi inverter yang membuat kerja kompresor sesuai kapasitasnya sehingga lebih hemat listrik. Teknologi unggulan lainnya yang disematkan yaitu Econavi yang membuat kinerja kulkas bisa menyesuaikan kinerja pendinginannya. Gambarannya begini, saat isi kulkas penuh dia akan bekerja maksimal dan saat kulkas kosong pendinginannya akan sesuai dengan isi kulkas.

Bukan hanya itu, teknologi Econavi juga memungkinkan kinerja kulkas bekerja sesuai kebiasaan penghuni rumah. Kulkas akan bekerja maksimal ketika pagi hari saat seluruh anggota keluarga banyak buka-tutup kulkas. Saat kulkas tidak digunakan, kinerja pendinginannya langsung menyesuaikan. Begitu juga bila kondisi ruangan menjadi gelap yang diasumsikan tidak ada orang sehingga kulkas akan bekerja dengan energi yang lebih rendah.

“Kulkas ini jadi “pintar” karena dibenamkan sensor dan dari hasil pengujian kami kulkas ini memang lebih hemat energi dibandingkan kulkas sejenis yang tanpa sensor. Ada 3 seri yang kami luncurkan untuk BB Series ini mulai kapasitas 230, 246, dan 266 liter seharga Rp4-Rp6 juta. Kami juga berani memberikan garansi kompresor hingga 12 tahun. Produk ini ditargetkan bisa terjual sebanyak 20 ribu unit dalam waktu 1-2 bulan ini,” pungkas Franky.