HousingEstate, Jakarta - Setelah melakukan pemancangan tiang pertama (ground breaking) HK Office Tower di Jakarta awal April, PT HK Realtindo (HKR) kian gencar melakukan pengembangan bisnis. Antara lain merilis H City Grand Serang (Banten), Southern Balikpapan (6 ha), Kalimantan Timur, dan H Style Indralaya (6 ha) Palembang. H City Grand Serang (68 ha) berada di Jl Raya Banten Lama, Serang, sekitar 3 km dari stasiun Serang di jalur kereta Jakarta-Merak, dan tidak jauh dari pintu tol Serang Timur dan Barat di jalur tol Jakarta–Merak.

Menurut rilis yang diterima HousingEstate di Jakarta awal Mei, tahap pertama HKR mengakuisisi lahannya 19 ha. Di dalamnya akan dikembangkan lebih dari 1000 rumah ditambah area komersial dan retail, pusat pendidikan, taman kuliner, pasar modern, sport center, waterpark, taman bermain serta ruang terbuka hijau. Pengembangan tahap pertama itu akan menelan investasi Rp790 miliar. HKR juga mulai memperkenalkan H Style Indralaya di jalur tol Trans Sumatera yang dibangun induknya PT Hutama Karya Tbk. Kawasan terpadu berisi area komersial, pusat hiburan dan gaya hidup itu akan dikembangkan bertahap mulai tahun depan.

Tahap pertama power center dan citywalk (24 bulan), kemudian shopping center dan area komersial, disusul hotel. Total investasinya diperkirakan mencapai Rp574 miliar. Sementara di Southern Balikpapan ditawarkan 345 rumah menengah-atas, lowrise apartment (582 unit), dan puluhan ruang komersial dan retail. Lokasi proyek di Jl Syarifuddin Yoes, sekitar 1,3 km dari Bandara Sepinggan (Sultan Aji Muhammad Sulaiman). Pengembangan tahap pertama akan selesai tahun 2020. Total investasi proyek ditaksir Rp582 miliar. “Jadi, total investasi untuk tiga proyek seluas 80 hektar itu mencapai Rp1,9 triliun,” kata Koentjoro, Dirut HKR.