HousingEstate, Jakarta - Kulkas seri NR-F510GT enam pintu ini dilapisi panel kaca full-flat glass door yang menyatu tanpa bingkai dengan body-nya. Dengan desain seperti itu lemari es tampil minimalis clean look, tanpa tonjolan dan lekukan, dan tidak meninggalkan bekas bila terbentur benda lain. “Selain secara estetika lebih bagus, glass door juga lebih kuat menahan benturan,” kata Ali. Kulkas memiliki enam pintu (kompartemen) dengan fungsi dan suhu berbeda-beda.

Pintu pertama misalnya, prime fresh dengan susu minus tiga derajat celcius untuk tempat menaruh daging dan ikan segar. Didukung teknologi soft freezing, suhu di prime fresh hanya membekukan bagian luar daging dan membiarkan bagian dalamnya tetap lunak. “Dengan cara itu daging dalam kulkas tetap terjaga nutrisinya,” ujarnya. Sedangkan pintu paling bawah suhunya 3–8 derajat celcius untuk meletakkan aneka sayuran. Ada juga kompartemen untuk membuat es batu. Cukup masukkan air ke tabung yang tersedia, air itu mengalir ke bagian bawahnya membentuk batu es. Sementara freezer atau kompartemen pembeku ditaruh di pintu bagian kedua dengan suhu minus 17 dan 19 derajat celcius.

Kulkas dilengkapi berbagai fitur seperti econavi dan eject clean. Econavi adalah teknologi yang dapat mengubah suhu secara otomatis dengan mendeteksi makanan dan minuman dalam kulkas. Kalau sedikit, suhu akan naik. Bila banyak, suhu otomatis turun kembali. “Jadi menghemat energi sekitar 30 persen (dibanding tanpa fitur econavi),” kata Ali. Lain lagi eject clean, ini fitur untuk mencegah bakteri masuk dalam makanan.

“Kebiasaan orang Indonesia, menempatkan makanan dalam satu tempat di dalam kulkas. Akibatnya makanan bercampur sehingga aktivitas buka-tutup kulkas memicu perkembangan bakteri,” lanjutnya. Kulkas berkapasitas 530 dan 630 liter dengan daya 180 watt yang tersedia dalam warna metal, putih, dan gold, ini dilengkapi rak-rak dari tempered glass yang bisa menopang beban hingga 100 kg. Harganya Rp24–26 juta/unit (530 liter) dan Rp29–34 juta (630 liter) dengan garansi 12 tahun.