HousingEstate, Jakarta - Sebagian kita mungkin masih beranggapan mencuci pakaian harus dengan busa sabun yang berlimpah supaya makin bersih. Padahal, waktu itu banyaknya busa dari sabun detergen itu diperlukan untuk melindungi tangan dari gesekan saat mengucek pakaian. Di era sekarang ketika orang sudah banyak memakai mesin cuci untuk mencucui pakaian, justru tidak diperlukan sabun cuci dengan banyak busa.

“Busa sabun yang terlalu banyak justru akan merusak mesin cuci karena busa bisa menutup panel-panelnya yang memicu kelembaban pada mesin sehingga umur pakai mesin jadi pendek,” kata Arlisa Ardhiani, Group Product Marketing Manager PT Electrolux Indonesia, produsen mesin cuci merek Electrolux.

Ia menyarankan pengguna mesin cuci memakai sabun detergen khusus untuk mesin cuci tipe bubuk atau cair yang sudah diformulasikan rendah busa. Sabun detergen khusus itu sudah banyak tersedia di pasaran dengan keterangan logo matic atau gambar mesin cuci.

“Jangan pakai sabun detergen yang biasa untuk nyuci dengan tangan di mesin cuci, karena tidak akan maksimal proses pencuciannya,” ujarnya. Arlisa juga menyarankan menempatkan mesin cuci di tempat yang kering dan jauh dari cipratan air agar mesin lebih awet.

“Sebaiknya tidak menaruh mesin cuci di kamar mandi karena terlalu lembab. Dekat dapur atau pantry (dapur kering) seperti di banyak apartemen sekarang malah tidak masalah,” katanya.