HousingEstate, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) kembali meresmikan rumah susun sewa (rusunawa) untuk mahasiswa di kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera), Lampung. Pembangunan rusunawa untuk kalangan mahasiswa dan civitas akademika perguruan tinggi ini merupakan salah satu program Kemenpupera.

Menurut Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera Syarif Burhanuddin melalui rilis yang disampaikan stafnya di Jakarta akhir pekan lalu, pembangunan rusunawa di kampus universitas merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. “Dengan tinggal di rusunawa mahasiswa bisa lebih berkonsentrasi belajar, sekaligus membiasakan diri untuk memilih tinggal di hunian vertikal di perkotaan yang tanahnya makin sulit didapat,” katanya.

Rusunawa yang berlokasi di Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, ini ada dua menara setinggi masing-masing lima lantai mencakup 104 unit hunian per menara. Tipe unitnya 24 m2 yang bisa menampung total lebih dari 300  mahasiswa. Biaya sewanya sangat terjangkau, Rp150 ribu per bulan.

“Selanjutnya pihak kampus yang akan mengelola apartemen dengan prioritas penghuni para mahasiswa dari luar kota yang kurang mampu dengan prestasi akademik baik. Dengan adanya fasilitas hunian ini, mereka tinggal belajar untuk meraih prestasi akademik yang bagus,” ujar Syarif.