HousingEstate, Jakarta - Kota Tangerang (Banten) yang terkenal dengan wisata Kali Cisadane, aneka jajanan di Pasar Lama, dan Klenteng Tua Boen Tak Bio, kini punya satu lagi destinasi wisata baru yang layak dikunjungi: Kampung Bekelir. Berlokasi di Kelurahan Babakan, tidak jauh dari Pasar Lama, kampung di RW 01 yang dipadati 300 rumah ini berbenah dari kawasan kumuh menjadi Kampung Wisata.

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah memperkenalkan secara resmi Kampung Bekelir pada hari Kamis (16/11) di Tangerang bersama Pacific Paint, perusahaan cat yang menjadi sponsor utama program pengecatan kampung. Perayaan pembukaan kampung baru itu akan dilangsungkan Minggu (19/11).

Sebagai bagian dari program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan, Pacific Paint menyumbangkan 1.435 kaleng cat berbagai jenis dan ukuran untuk pengecatan rumah dan pembuatan mural tematik yang bercerita tentang sejarah dan kearifan lokal yang menghias dinding-dinding di lingkungan kampung.

(Foto: Susilo Waluyo/HousingEstate)

(Foto: Susilo Waluyo/HousingEstate)

Kampung Wisata yang juga menjadi kebijakan Walikota Tangerang ini digagas Ibnu Jandi, tokoh pemerhati kebijakan publik serta penggerak lapangan yang didukung Lurah merangkap tokoh masyarakat setempat H Abu Sofiyan. Ada 100 seniman grafiti yang datang dari berbagai daerah bahkan mancanegara ikut dalam kegiatan pengecatan.

“Kondisi fisik rumah penuh tantangan ketika kami mengecat dan menggambar terutama mengecat atap genting yang perlu hati-hati,” kata Abu Sofyan saat berkeliling bersama media di Kampung Bekelir, Kamis (16/11). Ia menuturkan dana yang dikeluarkan untuk seluruh kegiatan pembenahan kampung mencapai Rp300 juta dengan dana donatur sebanyak Rp70 juta.

Dinding-dinding dihiasi mural yang digambar oleh seniman grafiti (Foto: Susilo Waluyo/HousingEstate)

Dinding-dinding dihiasi mural yang digambar oleh seniman grafiti (Foto: Susilo Waluyo/HousingEstate)

“Kehadiran Kampung Bekelir ini diharapkan dapat memperbaiki kehidupan warga menjadi lebih berwarna dan lebih indah untuk dikunjungi. Ketertarikan masyarakat di kota lain melihat seni mural yang terpajang di sepanjang tembok kampung diharapkan juga dapat membuka peluang usaha yang membantu peningkatan penghasilan warga,” kata Head of Marketing Pacific Paint Ricky Soesanto saat jumpa pers di Tangerang.