HousingEstate, Jakarta - Pemain baru di industri peralatan elektronik rumah tangga (home appliances) merek Beko (Turki) akan dipasarkan di pasar ritel Indonesia mulai pertengahan tahun 2018. Beko sejak tahun 1990-an sudah berada di 100 negara dan memiliki 280 juta konsumen. Merek dari Grup Arçelik dan mitra global premium dari klub sepakbola FC Barcelona (Spanyol), ini menawarkan rangkaian produk peralatan rumah tangga besar, pendingin udara hingga peralatan rumah tangga kecil dengan solusi pintar yang ramah lingkungan, desain fungsional, efisiensi energy, dan teknologi inovatif.

Empat solusi produk yang menjadi fokusnya adalah lemari pendingin berteknologi EverFresh dan NeoFrost Dual Cooling, alat memasak seperti oven dengan pemakaian gas yang efisien, mesin cuci piring, dan mesin cuci pakaian dengan teknologi inverter motor ProSmart. Di Asia Tenggara produk-produk Beko telah dipakai di Thailand, Vietnam dan Malaysia. Sejak dua tahun lalu Beko telah mendirikan pabrik di Thailand setelah dua pabriknya di China dan Rusia.

Khusus untuk pasar Indonesia, Beko akan memulainya dengan dua produk unggulan, kulkas dan mesin cuci pakaian. “Di setiap negara yang kami masuki, produk yang dipasarkan harus spesifik sesuai kebutuhan konsumennya. Di sini kita tidak menyasar pasar high class tapi rata-rata saja. Kami menjamin pasti terjangkau untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Zafer Ustuner, Regional Director Asia Pacific BEKO Co Ltd dalam diskusi bersama lima media di Jakarta, Rabu (22/11).

Zafer optimis produknya dapat terserap baik karena Indonesia merupakan pasar yang potensial dan termasuk empat terbesar di Asia Tenggara. Sejauh ini pasar Asia memberi kontribusi nilai penjualan sekitar enam persen kepada Beko global. Penjualan produk Beko akan dimulai tahun depan di Jakarta melalui ritel-ritel modern dan juga akan dijajaki melalui online shopping. “Kami sudah melihat penjualan secara online di Indonesia sangat bagus, tetapi untuk produk elektronik konsumen tetap harus melihat fisiknya dulu di toko ritel,” jelas Zafer.