HousingEstate, Jakarta - Warna memberikan kesan dan mood berbeda pada setiap orang. Karena itu dalam ilmu arsitektur misalnya, ada studi tentang psikologi warna dan ruang. Karena berpengaruhnya aplikasi warna itu, warna bahkan bisa menjadi alat terapi dan salah satu bentuk meditasi. Perhatikan warna rumah sakit, cenderung putih karena dianggap mampu memberi perasaan tenang pada pasien.

Claire Bond, Kansai Paint Global Color Ambassador (foto: dok. Kansai Paint)

Claire Bond, Kansai Paint Global Color Ambassador (foto: dok. Kansai Paint)

Karena esensialnya fungsi warna itu, produsen cat secara berkala melansir tren warna atau kartu warna sebagai panduan memilih bagi konsumen. Salah satunya Kansai Paint, satu dari sedikit produsen cat premium di dunia. Melalui siaran pers di Jakarta pekan lalu misalnya, Claire Bond, Kansai Paint Global Color Ambassador, memberikan tiga rekomendasi panduan warna kepada konsumen dengan menggunakan pendekatan color psychology. Panduannya mungkin bisa menjadi acuan anda memperbaharui warna rumah tahun 2018.

Warna yang Menghadirkan Mood Semangat

warna 2018

Sebagian besar aktivitas sehari-hari lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Suasana baru diperlukan untuk menambah semangat sehingga kita bisa beraktivitas lebih bergairah Claire merekomendasikan aplikasi warna merah, oranye, dan magenta untuk menciptakan suasana itu di ruangan. Paduan warna ini disebut memberikan energi yang penuh semangat dan dinamis.

Warna untuk Nuansa Relaksasi

warna 2018 3

Setelah lama beraktivitas kita membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi agar dapat melanjutkan aktivitas kembali. Aplikasi warna biru, hijau, krem, dan coklat yang menenteramkan bisa membantu suasana relaksasi itu. Paduan warna yang terinspirasi dari alam itu menghadirkan perasaan hangat, sejuk, dan damai.

Warna untuk Perasaan Ceria dan Bahagia

warna 2018 5

Ada saatnya kita memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang bisa memberikan perasaan bahagia dan puas dalam diri kita. Untuk mendukung suasana itu, aplikasi warna kuning, oranye, ungu, dan pink bisa membantu. Paduan warna ini bisa merangsang otak sehingga kita merasa lebih ceria.

Rekomendasi paduan warna di atas bisa diaplikasikan di rumah, juga di kantor dan ruang lain. Untuk itu cat-cat premium seperti Kansai Paint menyediakan produk yang cocok. Bila warna produk jadi itu kurang memuaskan, biasanya produsen juga menyediakan mesin tinting di berbagai toko untuk menghasilkan warna cat yang lebih akurat sesuai keinginan konsumen.