HousingEstate, Jakarta - Lepaskan doktrin lama dan ambil pakem baru sesuai keinginan zaman. Itu salah satu kunci rahasia jika ingin tetap eksis di era yang begitu cepat berubah karena pengaruh perkembangan teknologi, konsumerisme, dan industri. Ini menyentuh dunia desain baik rumah, komersial, dan kantor. “Kini yang sedang ngetren tema Scandinavian dan Jepang karena pengaruh dari IKEA dan berkembangnya bisnis Jepang di Indonesia,” ujar Hardyanthony Wiratama, Managing Director Alien Design Consultant, kepada housing-estate.com di Jakarta belum lama ini.

Djournal Coffee

Djournal Coffee

Hardy cukup intens mengamati perkembangan desain karena saat bekerja pada perusahaan konsultan desain di Singapura selama delapan tahun ia ikut mengerjakan puluhan proyek di India, Dubai, Abu Dhabi, selain Singapura. Bersama Alien ia merancang beragam proyek seperti gedung perkantoran, apartemen, hotel, mal, termasuk perumahan.

Perkembangan tema industrial paling kentara pada resto dan kafe. Sejumlah chain kafe yang kini sedang popular, seperti Djournal, Liberica, Eatsomnia menerapkan konsep industrial sangat bagus dan sukses. Kafe-kafe itu selalu sesak yang mayoritas pengunjungnya kalangan milenials. Kafe-kafe kecil start up mayoritas juga mengambil tema industrial. Bentuknya seperti pabrik, tembok semua, lalu ada kaca-kaca. “Tema itu disenangi anak-anak muda terutama kaum milenials. Pizza Hut sekarang juga industrial tapi lebih homy di dalamnya banyak permainan-permainan kayu,” katanya.

Tema industrial juga banyak diterapkan pada hunian. Ini dipicu semakin mengecilnya rumah urban sehingga elemen-elemen industrial untuk interior banyak dipakai. Misalnya kabinet dapur terbuka berupa ambalan-ambalan dengan konstruksi besi. Lemari pakaian semi terbuka juga sedang ngetren. Bentuknya berupa ambalan-ambalan dengan kabinet penyimpanan di bagian bawah.

Konsep seperti itu  membuat ruang tidak sesak, kesannya tidak ada lemari tapi fungsinya tetap terpenuhi. Ini banyak diterapkan di apartemen dan rumah mungil yang ruangannya serba kompak dan fungsional. Desain terbaru Pizza Hut juga industrial tapi lebih homy di dalamnya banyak permainan-permainan kayu, pemakaian material bata, dan warna merah bukan lagi menjadi identitas.