HousingEstate, Jakarta - PT Astra Modern Land (Astra Land) menatap lebih optimis bisnis properti tahun ini. Perusahaan patungan Astra International dan Hongkong Land (Hong Kong) itu berkolaborasi dengan PT Mitra Sindo Makmur (anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk) mengembangkan perumahan terpadu Asya (70 ha) di dalam kawasan kota baru Jakarta Garden City (JGC) besutan Mitra Sindo Sukses di Cakung, Jakarta Timur.

Asya akan menghadirkan perumahan tapak, apartemen, lake villas, kawasan komersial, ruang terbuka publik, dan lain-lain dengan total gross floor area mencapai lebih dari satu juta m2. Investasi proyek mencapai Rp20 triliun untuk pengembangan hingga 15 tahun ke depan.

Menurut Presiden Direktur Astra Land Wibowo Muljono, tahun ini pihaknya sangat optimis bisa meraih penjualan yang baik seiring percepatan pembangunan infrastruktur di kawasan timur Jakarta oleh pemerintah.

“Kami melihat tahun ini merupakan timing yang tepat untuk memasarkan lebih banyak klaster hunian di Asya,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Ada beberapa strategi untuk mendukung optimisme itu. Dalam waktu dekat akan diluncurkan beberapa klaster baru, salah satunya Matana. Konsep klasternya dibuat berdasarkan studi pasar untuk menghasilkan bentuk desain arsitektur hunian yang unik. Beberapa produk ekslusif juga akan mulai dihadirkan.

Sementara klaster pertama yang sudah diluncurkan adalah Semayang berisi rumah-rumah tipe besar dan disebutnya direspon cukup baik oleh konsumen. Tipenya mulai dari 115/98 seharga mulai Rp2,3 miliaran per unit. Kelebihan desain rumahnya memiliki ketinggian plafon (ceiling) 4,3 meter di ruang tamu dan 3,9 meter di kamar tidur sehingga terasa makin lapang dan megah.

“Kami tidak meluncurkan rumah-rumah kecil yang umumnya dibeli kalangan investor. Kami menyasar segmen end user (yang membeli untuk dihuni sendiri) dari kalangan menengah atas yang mendambakan hunian terbaik,” kata Wibowo.

Asya juga menawarkan hunian di tepi danau seluas 15 ha yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantai hingga membentuk gaya hidup yang sehat. Ada juga fasilitas dua club house selain fasilitas di dalam JGC seperti AEON Mall, sekolah internasional, modern market, RS Mayapada, toko IKEA dan lain-lain (dua terakhir dalam proses rencana pembangunan).