HousingEstate, Jakarta - Pembangunan properti di barat Serpong, Tangerang Selatan (Banten) bakal semakin semarak. Menyusul CitraMaja Raya (2.600 ha) yang dikembangkan Ciputra Group bersama Hanson Property di Maja, Lebak (Banten), pada 28 April 2018 akan diluncurkan Millenium City di Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Agent gathering akan dilangsungkan akhir bulan ini. Proyek seluas hampir 1.400 ha (1.388 ha) itu lokasinya dekat stasiun Parung Panjang di jalur kereta komuter Jakarta-Pondok Ranji-Serpong-Tigaraksa-Parung Panjang-Maja-Rangkasbitung, sekitar 20 menit dari Serpong, wilayah di Tangerang Raya yang propertinya dianggap paling berkilau di megapolitan Jakarat, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Millenium City (MC) masih satu biduk dengan CitraMaja Raya (CMR), karena dikembangkan Hanson Property, sayap usaha PT Hanson International Tbk. Bedanya kalau CMR dikembangkan bersama Ciputra, MC berkongsi dengan Pelican Group milik taipan Tan Kian. Pelican Group dikenal sebagai pemilik sejumlah properti mewah di Jakarta seperti Pacific Place, Hotel JW Marriot dan The Ritz Carlton.

Konsep pengembangan MC sebetulnya sudah siap sejak dua tahun lalu. Tapi, karena infrastruktur dan situasi bisnis properti tidak mendukung, peluncurannya ditunda. Di proyek kota baru itu juga akan dibangun gedung perkantoran, hotel berbintang, mal, ruko, fasilitas olah raga,  pusat bisnis, dan lain-lain. Gerbang utama rencananya dibangun dekat stasiun Parung Panjang, dan akan dibuat akses tambahan menuju stasiun Cisayur.

Tahap pertama akan dikembangkan dua klaster hunian menengah. Ada dua pilihan tipe yang ditawarkan. Yaitu, tipe 6 x 10 dan 6 x 12 m2 seharga Rp627 juta dan Rp765 juta/unit. Harga tersebut all in  sudah termasuk bea balik nama.

Pengembang tidak menyebutkan berapa luas bangunannya. Tapi, sesuai product knowledge yang dipublikasikan, rumah dibangun dengan plafon tinggi atau high ceiling (3,2 m) dan memiliki dua carport.

Bulevar utama perumahan dirancang selebar 34 m dan jalan lingkungan 8-12 m. Area yang akan dibangun hanya 50 persen, selebihnya untuk ruang terbuka hijau dan infrastruktur. Selain itu pengembang akan menyediakan jalur sepeda (bicycle line) selebar 2 meter, pedestrian walk, dan underpass crossing.

Menurut sejumlah pihak yang mengetahui rencana peluncuran proyek ini, pemasarannya mengandalkan jaringan agen. Konon ada dua agen properti yang dilibatkan: Century 21 dan Era Indonesia.  Masing-masing diminta memasarkan satu klaster. Ada tiga cara bayar yang ditawarkan: tunai keras enam bulan, KPR dengan uang muka 20 persen dicicil 12 bulan, dan tunai bertahap 12-24 bulan dengan depe 30 persen dicicil enam bulan.

Untuk mendukung pengembangan proyek, Hanson akan mengajukan diri terlibat dalam pembangunan proyek jalan tol Serpong-Balaraja dari areal kota baru BSD City (6.000 ha) hingga gerbang tol Balaraja Timur di jalan tol Jakarta-Tangerang-Merak, melintasi kawasan Parung Panjang, Tigaraksa dan Cikupa.

Keberadaan jalan tol itu akan membuat kawasan Parung Panjang dan sekitarnya makin terbuka karena mudah juga diakses melalui jalur darat (jalan tol) karena jalan tol Jakarta-Tangerang-Merak terkoneksi dengan semua jalan tol di Jabodetabek.