HousingEstate, Jakarta - Selain untuk melindungi ruang (biasanya ruang tamu dan kamar tidur) di rumah dari cahaya matahari langsung dan menjaga privasi penghuni, gorden yang menutup jendela juga berfungsi dekoratif (penghias). Karena fungsi dekoratif itu, pilihan bahan, motif atau corak, dan warna gorden perlu diperhatikan. Menurut Lisa Joe, desainer interior sekaligus pemilik usaha Curtain House (Jakarta) yang membuat gorden pesanan (customized), corak gorden dapat memengaruhi kesan ruang.

“Jika ruangan tidak terlalu luas, pilih motif yang kecil-kecil seperti kotak-kotak kecil atau lingkaran. Jangan gunakan motif yang terlalu besar karena akan membuat ruang terkesan sempit,” katanya. Warnanya pilih yang selaras dengan furnitur di ruangan. “Biasanya warna-warna netral seperti krem dan coklat agar mudah disesuaikan dengan perabot dan warna dinding,” katanya.

Untuk ruang tamu gorden juga tak perlu menggunakan pernak-pernik yang terlalu mewah seperti poni gorden. “Sekarang jamannya sudah minimalis. Rata-rata orang tidak mau lagi pakai gorden dengan poni, tapi yang simpel saja,” kata Lisa. Vitras (vitrage) atau tirai tipisnya juga diusahakan berwarna senada dengan gorden. “Sebaiknya seluruh jendela menggunakan vitras dengan warna yang sama supaya dari luar rumah terlihat serasi,” jelasnya.

Pemilihan bahan juga diperhatikan. Misalnya, kalau jendela menghadap ke arah matahari, pilih bahan gorden dan vitras yang agak tebal supaya sinar matahari tidak terlalu banyak masuk ke dalam ruangan. “Pada jendela yang langsung terkena cahaya matahari bisa aplikasikan  gorden dari bahan blackout. Tapi tidak perlu bahan blackout 100 persen karena kalau gorden ditutup, ruangan akan sangat gelap,” katanya. Selain penangkal cahaya yang baik, bahan blackout juga kedap suara.

Sebaliknya bila jendela tidak langsung terpapar sinar matahari, gunakan bahan gorden biasa seperti polyester. “Polyester bermotif juga bisa jadi pilihan gorden di ruang tamu,” ujar Lisa. Harga gorden mulai dari puluhan sampai ratusan ribu per meter tergantung bahan.

inspirasi gorden 0

Untuk kamar anak bisa dipilih gorden dengan motif gambar yang disukai anak-anak atau motif polos dengan warna-warna cerah. Motif bunga-bunga ini bisa dipakai di kamar anak perempuan.

inspirasi gorden 1

Karena anak-anak cepat tumbuh besar, pilih gorden motif polos dengan warna cerah. Jadi anda tidak harus mengganti gorden baru untuk kamarnya saat mereka sudah besar. Gorden menggunakan rel biasa sehingga lebih mudah dibuka dan ditutup.

inspirasi gorden 2

Gorden polos dengan aksen motif di bagian bawahnya ini juga dapat dipilih untuk kamar anak.

inspirasi gorden 3

Gorden dari bahan velvet biru + hook penjepit kombinasi besi dan kayu untuk ruang tamu. Gorden dilapisi vitras yang makin mempercantik tampilannya.

Serasikan pilihan gorden dengan perabot di dalamnya. Seperti gorden ini yang diselaraskan warnanya dengan karpet. Karena letak jendela di area belakang, tidak langsung menghadap ke matahari, penggunaan vitras dapat ditiadakan.

 inspirasi gorden 4

Pada jendela bergaya modern simple atau berukuran kecil memanjang, bisa dipakai gorden bergaya roman shade (roman blind) yang buka-tutupnya dengan cara ditarik melalui rantai atau benang yang ada di kiri atau kanannya, atau vitras kupu-kupu yang fixed atau tidak bisa dibuka-tutup.

inspirasi gorden 5

Sementara untuk jendela dapur pilih gorden berbentuk horizontal blind dari kayu atau bahan non-tekstil lain. Sistem buka tutupnya serupa dengan roman blind.