HousingEstate, Jakarta - Metropolitan Jakarta dengan segala hiruk-pikuknya merupakan fenomena menarik yang tidak boleh dilewatkan. Selalu muncul perkembangan baru yang menghidupkan kota, memberi harapan pada warganya, dan menciptakan peluang kepada mereka yang mau mengambil kesempatan. Contohnya Jakata Timur, kawasan yang dulu dipandang sebelah mata kini manjadi magnet baru Ibukota. Banyak mata berpaling ke sini melihat perkembangan kawasan yang luar biasa. Ini dipicu Jakarta Garden City (JGC/370 ha), Cakung, Jakarta Timur, yang kini menjadi kawasan hunian kaum mapan dan pusat gaya hidup baru di Jakarta.

Beroperasinya AEON Mall tahun lalu menjadi simbol perkembangan kawasan yang semakin berkelas dan menempatkan JGC sebagai destinasi baru di Jakarta. Pada akhir pekan suasana kawasan makin semarak dengan lalu lalang kendaraan mereka yang hendak ke mal dan berburu kuliner di food garden atau restoran internasional cepat saji yang ada di sana. Orang datang semakin banyak karena sejak beroperasinya jalan tol akses Cilincing-Tanjung Priok perjalanan dari/ke JGC semakin mudah. Akses tol ini mengoneksikan jalan tol lingkar luar (JORR) dengan jalan tol dalam kota sehingga JGC yang berada di pinggir jalan tol Cakung-Cilincing mudah diakses dari berbagai kawasan Jakarta dan sekitarnya, seperti Jakarta Utara, Bandara Soekarno Hatta, Kemayoran, selain dari Bekasi dan koridor bisnis TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Naik signifikan

Perkembangan ini menggairahkan properti di kawasan dan menaikkan ekspektasi masyarakat terhadap JGC. Permintaan properti semakin tinggi. Produkproduk yang ditawarkan PT Mitra Sindo Sukses (Moderland Realty Tbk), pengembangnya, baik properti komersial (ruko/shop houses) maupun hunian laku keras. Tahun lalu sebuah klaster hunian dan proyek properti komersial batal di-launching karena habis sebelum hari H acara. Lokasi di Jakarta dan harga yang kompetitif menjadi salah satu keunggulan. Dibanding Serpong, Tangerang (Banten) harga tanahnya tidak lebih mahal. Tapi beberapa tahun terakhir, apalagi sejak AEON beroperasi nilai propertinya melesat tajam. “Sekarang harga tanah residensial Rp15 juta per m2, komersial Rp25 juta,” kata Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales Jakarta Garden City.

Sebelumnya harga tanah di township besutan Modernland Realty itu Rp12-13 juta/m2, naik Rp2-3 juta/m2 setelah mal tersebut beroperasi. Empat tahun terakhir harga tanah JGC sudah berlipat dua kali. Tahun 2014 harga tanahnya masih Rp8-9 juta/m2. Karena itu para pemilik properti mendapat untung berlipat.

Sejalan dengan semakin tingginya harga tanah JGC mulai mengembangkan hunian vertikal. Apartemen pertama di JGC yang diberi nama Cleon Park Apartment ini dibangun di pinggir Jl Bulevar Utama. Menuju AEON cukup berjalan kaki 2-3 menit. Apartemen ini untuk meladeni kaum urban yang memiliki gaya hidup simpel sekaligus memberi kesempatan kepada konsumen yang ingin memiliki hunian di JGC dengan harga lebih terjangkau. Menurut Rony, sapaan Hyronimus, pengembangan apartemen didorong pasar yang terbuka lebar dan fasilitas pendukungnya Apartemen Pertama di Jakarta Garden City Laku Keras sudah siap. Selain AEON Mall di kawasan sudah ada pasar modern, area komersial, sekolah, pusat kuliner, club house, dan akan menyusul Mayapada Hospital. Tidak lama lagi IKEA, gerai perabotan rumah tangga asal Swedia yang digandrungi kaum urban, akan membangun gerai di seberang AEON Mall. Ini gerai kedua setelah yang pertama di Serpong. Semua fasilitas tersebut dapat dijangkau dari apartemen dengan berjalan kaki.

Terpesan 90 persen

Cleon Park Apartment yang dibangun di area 1,7 ha terdiri dua menara: North dan South tower. Saat ini yang dipasarkan North Tower setinggi 24 lantai plus satu lantai basement. Jumlah huniannya sebanyak 310 unit terdiri tipe studio (32 m2), 1 bedroom (BR/45 m2), 2BR (59 m2), 3BR (89 m2). Direktur Utama PT Mitra Sindo Sukses Sami Miiettinen mengatakan, tipe apartemennya dibuat lebih luas dari apartemen yang dipasarkan pengembang lain dengan tujuan agar penghuninya lebih nyaman. Ini juga sesuai dengan segmen yang dituju menengah ke atas. “Unitnya lebih eksklusif dan terbatas, satu lantai terdiri 16-17 unit,” ujar Sami.

Selain dekat mal apartemen ini terintegrasi dengan Cleon Park shop houses (43 unit). Seluruh shop houses yang dirancang sebagai lifestyle center itu sudah terjual habis. Bangunannya yang dirancang modern dan menarik dilengkapi pedestrian walk cukup lebar untuk pengunjung. Di dalamnya berisi kafe, resto (F&B), dan usaha life style lainnya seperti butik dan salon. Jadi, penghuni yang mau kongkow atau menerima tamu tinggal memilih di mal atau kafe di bawah apartemen.

Unit huniannya dimulai dari lantai enam ke atas. Basement hingga lantai lima digunakan untuk parkir. Karena itu fasilitas parkirnya sangat memadahi dengan rasio 1:2. Selain fasilitas di kawasan pengembang menyediakan fasilitas internal di dalam apartemen. Di lantai enam disediakan infinity pool, gym, dan sky garden. Selain itu ada enam unit apartemen di lantai ini yang memiliki fasilitas tambahan private garden. Selain itu masih ada taman bermain dan ruang serbaguna.

Rony menambahkan, nilai lebih berikutnya disediakannya sejumlah perabotan dan elektronik rumah tangga (semi furnished) di setiap unit. Misalnya kulkas, kompor, oven, water heater, kitchen cabinet dan sink. Selain itu masih ada AC di setiap ruangan, mesin cuci, pengering, dan lemari pakaian. “Jadi, kalau mau ditempati atau disewakan tinggal masuk,” katanya.

Konsep yang ditawarkan JGC ini mendapat respon pasar sangat bagus. Saat pengenalan produk (product knowledge) pada 12 April 2018 di club house JGC yang dihadiri agen properti dan konsumen, langsung terpesan 90%. Dari 19 lantai yang dipasarkan 13 lantai di antaranya sudah terpesan.

Harganya dibandrol Rp18,5 juta/m2 dengan booking fee Rp10 juta. Tipe studio (32 m2) harganya mulai Rp593,5 juta (tunai 6 x bayar). Konsumen juga bisa membeli tunai bertahap 24 – 48 kali dan KPA dengan depe 20% diangsur 24x. Pemilihan unit akan dilangsungkan pada pertengahan Mei 2018 bersamaan dengan acara grand launching. Pembangunan direncanakan berlangsung tahun depan yang akan memakan waktu dua tahun. [ADV]

Sales Gallery Jakarta Garden City
Jl Raya Cakung Cilincing (Exit tol Cakung Timur) Jakarta Timur
Tlp. (021) 4683 8888, 8060 7555 www.jakartagardencity .com