HousingEstate, Jakarta - Lokasi: Menara Aoki apartemen Vasanta Innopark, Jl Sumatera, kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi (Jawa Barat)
Tipe: Satu kamar tidur (KT) 34 m2
Desainer Interior: Stephanie Dharmawan, Project Architect PT Sirius Surya Sentosa (SSS)

Simpel fungsional dan elegan. Begitulah dekorasi interior show unit tipe 1BR 34 m2 (semi gross) di menara pertama Aoki apartemen Vasanta Innopark (100 ha) di Jl Sumatera kawasan industri MM2100, Cibitung, sekitar 200 meter dari gerbang tol Cibitung 2 di ruas tol Jakarta-Cikampek, Bekasi (Jawa Barat) ini.

Desainnya bergaya modern minimalis dengan sentuhan japanesse style yang simpel dan multifungsi, disesuaikan dengan luas bersihnya yang kurang dari 30 m2 (4,5 x 6,3 m2). Tidak banyak pernak-pernik untuk hiasan ruangan. Kesan kalem dan berkelas muncul dari penggunaan warna-warna netral seperti putih, krem, abu-abu dan coklat muda pada ruang dan perabot.

Stephanie Dharmawan, Project Architect PT Sirius Surya Sentosa (SSS), pengembang Vasanta Innopark, merancang ruang dengan tinggi plafon 2,85 meter ini bisa memenuhi gaya hidup kaum muda urban yang serba praktis. Pemilihan perabot juga disesuaikan dengan fungsi ruang.

“Khusus unit satu kamar target utamanya ekspatriat (pekerja asing) Jepang lajang yang baru tinggal di Indonesia dan butuh hunian dengan privasi tinggi. Di Jepang para profesional yang masih aktif bekerja itu sifat konsumtifnya cukup tinggi sehingga butuh ruang penyimpanan (storage) lebih banyak. Kalau beli perabot yang dilihat bukan bentuk tapi fungsinya,” katanya.

Denah ruang unit seharga Rp400 jutaan ini terbagi atas area privat dan publik dengan dinding bata ringan sebagai pembatas. “Spek-nya nggak sembarangan. Lantainya pakai homogeneous tile 60 x 60, sanitari setara Toto,” ujarnya. Area servis seperti dapur dan kamar mandi yang saling berhadapan diplot dekat pintu masuk. Meja makan mungil tiga dudukan menyatu dengan dapur. Kamar tidur dan ruang santai ditempatkan berjejer di sampingnya dengan akses langsung ke balkon.

Vasanta Innopark adalah superblok yang memadukan hunian vertikal (apartemen) dengan banyak properti lain di satu lokasi, seperti mal, ruko, menara perkantoran, hotel dan lain-lain. Tahap pertama (12 ha) dikembangkan 17 menara apartemen mencakup 14.000 unit hunian. Menara Aoki (805 unit) yang dilansir Agustus diklaim sudah terpesan 608 unit. Selain 1BR, tersedia tipe 2BR 43 m2 dan studio 26 m2 seharga Rp300-500 jutaan/unit. Apartemen dilengkapi Multilayer Park (2 ha), kawasan hijau untuk taman bermain, area joging, dan tempat berinteraksi. Kolam renang disediakan di setiap dua tower apartemen.

Akan dibangun juga ITB Technopark (1,2 ha), kampus pendidikan tenaga teknik dan pusat penelitian, bekerja sama dengan ITB Bandung. Target pasar apartemen Vasanta Innopark adalah puluhan ribu pekerja di ribuan manufaktur yang ada di MM2100 dan kawasan industri lain di sekitarnya termasuk ekspatriat. “Yang kerja di sini (MM2100) mulai karyawan biasa, supervisor, manajer, direktur sampai pemilik pabrik. Harga lahannya masih bisa Rp12 juta dibanding di Cikarang yang sudah Rp18 juta per meter (m2) paling murah,” kata Suranto Thjai, GM Sales & Marketing Vasanta Innopark.

Hangat di Bersantai 

Ruang santai ditata kalem dengan warna krem dan putih pada dinding, lantai, plafon, perabot dan elemen interior lainnya. Agar tidak monoton, di salah satu dinding ditempatkan cermin oval dengan rangka hitam berbentuk akar. Dinding yang lain difungsikan sebagai area penempel ambalan tempat menaruh televisi dan aksesoris. Dua pigura coklat keemasan menambah kesan ruang lebih berwarna. Ruangan dilengkapi dua sofa armless dan karpet dengan pola daun warna krem yang memberikan kesan hangat.

ruang urban hangat di bersantai

Berlimpah Ruang Simpan 

Untuk menyiasati kamar tidur yang kecil, tempat tidurnya dibuat tanpa head board, tapi dibiarkan berupa dinding yang ditempeli lemari berisi 13 ruang simpan berbentuk kotak-kotak dengan ukuran acak. Lemari pakaian di sisi kiri tempat tidur didesain portable dilengkapi gantungan baju di dalamnya. Enam storage box diletakkan di bawah gantungan baju untuk menyimpan aksesoris seperti dasi, jam tangan, kaca mata dan lain-lain. “Lemarinya mudah dirakit dan dipindahkan sehingga cocok untuk ruangan kecil,” kata Stephanie.

berlimpah ruang simpan

Saling Menyatu

Dapur dengan kitchen set sepanjang 1,5 m dan area makan dibuat menyatu. Kabinet dapur dipilih warna krem kecoklatan agar seragam dengan elemen interior di ruangan lain. “Lebih rapi saja kalau interior banyak pakai warna krem, coklat dan putih,” terang arsitek lulusan Universitas Tarumanegara (Jakarta) itu. Agar terkesan lebih lapang, cermin diaplikasikan di dinding (backwallkitchen set. Kulkas dua pintu ditempatkan dalam kabinet di samping sink. Sementara meja bulat berkaca (50 x 45 cm) dipilih sebagai meja makan dilengkapi tiga kursi porselen warna hijau muda.

interior urban saling menyatu

Lega dan Lapang

Kamar mandinya sudah dilengkapi bathub karena orang Jepang suka berendam. Lantai dan dinding kamar mandi dilapisi homogeneous tile motif marmer putih. “Kita minta saran dari teman-teman Jepang, desain kamar mandi orang Jepang yang nyaman itu seperti apa. Lalu kita improve dengan budaya kita supaya (apartemen) juga masuk untuk pasar Indonesia. Kamar mandi ber-bathub hanya ada di unit satu kamar,” kata Stephanie. Kamar mandi dilengkapi wastafel, ambalan untuk menaruh peralatan mandi dan pesawat televisi.

interior urban lega dan lapang

Pernak-pernik