HousingEstate, Jakarta - Restoran cepat saji McDonald’s melakukan program perbaikan fasilitas dan pelayanan melalui renovasi gerai-gerainya. Proyek pertama dilakukan di cabang Artha Gading, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu flagship McDonald’s Indonesia dengan kunjungan konsumen tertinggi di Indonesia.

Lokasi yang strategis di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan luas lahan 2.500 m2 dan luas bangunan dua lantai 609 m2, dan kapasitas 300 kursi dilengkapi free standing drive thru (fasilitas pemesanan dari dalam mobil), gerai itu termasuk yang terbesar di Jakarta. McDonald’s tidak sekadar melakukan renovasi tetapi juga reimaging atau  bertransformasi meninggalkan citra sebagai restoran cepat saji.

“Harapan terbesar konsumen mendapatkan pengalaman customer journey yang lebih menyenangkan sejak datang sampai meninggalkan restoran,” kata Rina Anggarini, Design Manager of McDonald’s Indonesia, melaluisiaran pers di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Konsep baru Global Design diterapkan dalam gerai McDonald’s Indonesia untuk meninggalkan image restoran cepat saji (foto: dok. McDonald’s Indonesia)

Konsep baru Global Design diterapkan dalam gerai McDonald’s Indonesia untuk meninggalkan image restoran cepat saji (foto: dok. McDonald’s Indonesia)

Restoran yang direnovasi selama 73 hari ini mengadopsi salah satu konsep Global Design yang bertajuk Alphabet. Konsep yang banyak digunakan di berbagai negara di Asia, Amerika dan Eropa, itu mengeksplorasi huruf yang terlihat dari beberapa artwork di area makan (dine in).

Tampak juga penggunaan material finishing dengan modul kecil dalam susunan motif subway dan herringbone. Furnitur didesain organis dengan sudut-sudut unik yang sulit untuk ditiru. Pewarnaan menerapkan kesan warna kayu natural, putih dan abu-abu, juga kejutan warna kuning yang menjadi warna McDonald’s.

Salah satu sudut area makan berkonsep Alphabet (Foto: Dok. McDonald’s Indonesia)

Salah satu sudut area makan berkonsep Alphabet (Foto: Dok. McDonald’s Indonesia)

Dekorasi yang minimal menjadi keutamaan dari konsep ini dengan banyaknya sudut yang bisa menghasilkan foto yang bagus dan siap untuk di share di Instagram alias instagramable. Tim desain di balik proyek ini adalah NCDA yang berbasis di Hong Kong, tim desain inhouse McDonald’s Indonesia dan konsultan partner lokal AXON90. Tantangan baru bagi tim pengembangan McDonald’s Indonesia adalah melokalkan segala hal yang diimpor dalam proyek ini agar biaya investasi dan waktu penyelesaian menjadi lebih efisien.

Di luar konsep yang baru, hal substansial yang dibenahi adalah penyediaan toilet yang bersih, juga ruang salat yang nyaman. Fasilitas drive thru juga ditingkatkan dengan pelayanan pesanan di dua jalur antrian sekaligus.

Self ordering kiosk dengan layar sentuh dan mesin pembayaran nontunai (foto: dok. McDonald’s Indonesia)

Self ordering kiosk dengan layar sentuh dan mesin pembayaran nontunai (foto: dok. McDonald’s Indonesia)

Restoran ini juga memiliki empat layar self ordering kiosk (mesin pemesan sendiri) dengan cashless payment tanpa harus mengantri di counter order seperti restoran fast food pada umumnya. Self ordering kiosk dengan layar sentuh ini dibuat user friendly guna memudahkan konsumen menggunakannya.