HousingEstate, Jakarta - Lingkungan hijau dan teduh dalam naungan pepohonan besar berikut fasilitas yang cukup komplit adalah kemewahan di tengah kota besar. Sebuah oase yang akan meluruhkan kepenatan di tengah hirup-pikuk dan kesibukan kota. Begitulah yang Anda dapatkan di hunian eksklusif Bukit Baruga, Antang, Makassar Timur. Selepas masuk gerbang perumahan seluas 300 ha yang dikembangkan PT Baruga Asrinusa Development (Kalla Group) itu suasana asri muncul di depan mata.

Atmosfirnya seperti di kawasan resort yang cukup tenang. Di sepanjang jalan bulevar tajuk pepohonan yang ada di kanan kirinya bertemu membentuk kanopi hidup yang sangat rindang. “Di Kota Makassar lingkungan seperti ini hanya ada di Bukit Baruga. Kami mengombinasikan lingkungan hijau itu dengan hunian eksklusif dan modern untuk kaum urban,” ujar Yunita Nursetia, Marketing Communication Manager Bukit Baruga.

DP ringan

Pengembangan kawasannya mengusung tema-tema Nusantara. Nama klaster dan kawasan diambil dari nama-nama daerah di Indonesia, misalnya kawasan Andalas, Java Regency, Bali Regency, Borneo, dan lain-lain. Klaster yang selesai dibangun umumnya langsung dihuni sehingga lingkungannya hidup. Pengembang saat ini memasarkan empat klaster: BaliThai Land, Bali Regency, Tanah Datar, dan Tebing Tinggi. BaliThai, klaster terbaru yang dipasarkan tahun 2017 harganya paling terjangkau. Bila klaster lain harganya Rp800 jutaan – Rp3 miliaran, di BaliThai harganya Rp400 jutaan. Luas bangunannya 38 m2, dan kaveling 72 m2 (6×12). Model rumah modern minimalis beratap pelana, dilengkapi dua kamar, carport, dan kusen full aluminium.

Pengembangan tahap pertama sebanyak 223 unit. Yunita menyebutkan, klaster ini untuk meladeni kalangan menengah dan keluarga muda yang menginginkan rumah di bawah Rp500 juta. Uang mukanya sangat ringan 5% diangsur enam kali. Respon konsumen cukup bagus, sejak dipasarkan tahun lalu sudah terjual sekitar 60%. “Pembangunannya dua tahun, rumah akan diserah-terimakan akhir 2019,” ujar Yunita.

Konsumen yang ingin hunian dua lantai bisa memilih klaster Bali Regency dan Tanah Datar. Bali Regency menyediakan dua pilihan tipe 65/105 dan 88/107 (sudut) seharga Rp850 juta dan Rp1,09 miliar. Desain modern minimalis yang diusung sangat anggun dan menarik dengan menonjolkan garis-garis horizontal dan bukaan lebar untuk memasukkan pencahayaan alami. Tampilanya semakin indah dengan aplikasi dinding roster pada taman samping.

Rumah tipe 38/72 klaster BaliThai Land

Rumah tipe 38/72 klaster BaliThai Land

Menengah atas-premium

Sementara itu di klaster Tanah Datar yang menawarkan huniannya lebih besar terdiri tipe Teluk Bayur (90/128) dan Rumah Gadang (160/152). Dari 52 rumah yang dibandrol Rp1,3 dan Rp2,1 miliar itu tinggal beberapa unit. Rumahnya dibangun serentak dan sudah memasuki tahap finishing. Yunita menjelaskan, klaster Tanah Datar diminati kalangan menengah atas di Makassar maupun kota-kota lain di Indonesia Timur.

Paling premium klaster Tebing Tinggi, bangunan rumahnya 200 m2, tanah 208 m2 (13×16). Rumah dilengkapi kolam renang dan dibangun di ketinggian di area berkontur. Karena itu view-nya luas ke segala penjuru. Rumah seharga Rp3,2 miliar ini tidak kalah laris. Dari 18 unit yang dipasarkan hanya tersisa dua unit. Rumahnya sudah ada yang ditempati dan beberapa lainnya sedang dibangun.

Fasilitas lengkap

Bukit Baruga didukung fasilitas santat lengkap. Selain kompleks pertokoan Malino di pinggir Jalan Bulevar di dalam perumahan tersedia sarana olah raga, seperti tenis, kolam renang dan sarana ibadah. Untuk sarana pendidikan terdapat sekolah Islam unggulan Athirah (Play Group, TK, SD, SMP, SMU). Masih ada gymnasium dan untuk para penggemar golf disediakan driving range. Yang menarik di perumahan terdapat wahana wisata keluarga, yaitu Bugis Waterpark Adventure seluas 11 ha. “Selain itu ada Baruga Food Park di Jl Bulevar, ini semacam foodcourt dengan konsep container. Di malam hari tempat ini cukup ramai,” katanya. Pembeli rumah dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dan mendapat berbagai kemudahan dari pengembang. Misalnya, Free masuk Bugis Waterpark 3 bulan, diskon 50% di Athirah Swimming Pool dan dapat 100 bola free bermain di driving golf.

Kelebihan lain Bukit Baruga adalah lokasinya yang cukup dekat dengan Jl Perintis Kemerdekaan, salah satu jalan protokol yang menghubungkan Maros-Makassar hingga downtown dekat pelabuhan. Menuju kampus Universitas Hasanudin, Kantor Gubernur, dan Bandara juga hanya sekitar 20-30 menit. [Adv]

Marketing Gallery: Jl Raya Baruga No. 1, Sektor Mahameru, Makassar

Tlp. 0411-491 491 www.bukitbaruga.com