HousingEstate, Jakarta - Citra Garden (27 ha) di Jl M Yusuf Bauti, Paccinongan, Gowa, Sulawesi Selatan, terus bermetamorfose menjadi kawasan hunian yang nyaman. Sejak dikembangkan tujuh tahun lalu kawasannya semakin hidup dan berkembang. Ciputra Group, pengembangnya, sudah mengembangkan lebih dari seribu rumah yang tersebar di sembilan klaster. Penghuninya sekitar 600 KK. Perumahan dilengkapi area komersial, Fit Centrum (sport club), dan tempat jajan Jappa Jappa di Jl Bulevar perumahan. Menyusul sukses di pengembangan tahap pertama itu Citra Garden kini memulai pengembangan kawasan baru yang disebut Vintari Park.

Di tahap kedua ini akan dikembangkan area seluas 13 ha yang lokasinya di ketinggian. Berbeda dengan tahap sebelumnya yang huniannya satu lantai di Vintari Park mayoritas rumah dua lantai. “Vintari Park segmennya lebih atas, kawasannya dikembangkan green, banyak taman, dan utilitasnya bawah tanah,” ujar Agustino Sasongko, Project Manager Citra Garden.

Lebih berkelas

Citra Garden adalah perumahan menengah terbaik dekat Kota Makassar dengan harga terjangkau. Lokasinya hanya 15 menit dari Citraland Celebes, perumahan menengah atas yang dikembangkan Ciputra Group di Jl Tun Abdul Razak (Hertasning Baru). Saat diluncurkan tujuh tahun lalu harga rumahnya hanya Rp197 juta (30/72). Sekarang tipe yang sama harganya mencapai Rp500 jutaan. Nilainya berlipat lebih dari 2,5 kali karena nama besar pengembangnya Ciputra Group dan pengembangannya yang bagus.

Di distrik baru ini rancangannya lebih berkelas. Model rumah yang dibangun modern klasik dan satu-satunya yang ditawarkan pengembang di kawasan. Menurut Tino, sapaan Agustino, pihaknya akan membuat 10 taman tematik, club house, dan utilitas di bawah tanah (underground). Letaknya yang berada di ketinggian membuatnya lebih menarik dan view lebih bagus.

Dari kawasan pengembangan tahap pertama lokasi Vintari Park ditandai dengan taman tematik persis di tanjakan Jl Bulevar sebelah kanan. Di situ terdapat balok-balok beton warna putih dan kuning dengan ketinggian berbeda. Di atas balok-balok itu diletakkan huruf-huruf yang membentuk tulisan Vintari. Selepas taman tematik itu di kanan kiri jalan bulevar akan dibangun area komersial dengan desain yang menarik. Ruko yang akan dibangun sebanyak 300 unit.

Klaster Primera

Vintari Park akan dikembangkan menjadi lima klaster. Klaster pertama yang dipasarkan Primera sebanyak 122 unit. Untuk rumah dua lantai ada enam tipe mulai 62/72 – 104/134 seharga Rp765,9 juta-Rp1,2 miliar. Tipe 62/72 dilengkapi dua kamar, satu di lantai atas satu di bawah. Kalau ingin rumah tiga kamar pilihannya tipe 70 yang harganya mulai Rp785 juta tunai. Konsumen mendapatkan free kanopi dan AC 2 unit. Hunian satu lantai hanya tersedia tipe 42 dengan luas tanah 72-96 seharga Rp500-600 jutaan. Khusus rumah satu lantai pengembang memberi subsidi depe Rp15 juta sehingga konsumen hanya membayar Rp7,5-13,7 juta yang dapat dicicil 2-3 kali. Pengembang juga menggratiskan biaya peningkatan status menjadi SHM. “Harga yang kami tawarkan sudah termasuk biaya-biaya (all in) kecuali biaya KPR. Depe-nya ringan 5% dicicil 12 kali,” ujar Tino.

Berbeda dengan kebanyakan perumahan di Jawa, di Citra Garden Gowa yang terjual lebih dulu tipe-tipe hoek yang luas tanahnya 118-134 m2. Sebagian rumah di klaster Primera saat ini dalam tahap pembangunan. Selain Vintari Park juga dipasarkan tipe Sadhana di kawasan pengembangan tahap pertama. Luas bangunannya 52 m2, tanah 80-143 seharga Rp700-900 jutaan.

Lokasi tipe Sadhana di klaster Ivory Palm berdekatan dengan Vintari Park. Pengembang menyodorkan dua pilihan depe 5% dan 15%. Untuk depe 15% pengembang memberi diskon cukup besar. Misalnya tipe 52/80 Rp710 juta yang uang mukanya seharusnya Rp106 juta konsumen cukup membayar Rp71 juta.

Multiakses

Selain melalui gerbang utama, Vintari Park juga dapat diakses dari gerbang kedua di Jl Mangkadaeng, Bombong, salah satu akses menuju kantor pemerintahan Kabupaten Gowa. Ke beberapa kantor pemerintahan Kabupaten Gowa jaraknya hanya 2,5-3 km. Dari Kota Makassar dan Gowa lokasi Citra Garden dapat ditempuh melalui delapan akses (multiakses). Menuju Kota Makassar ada dua rute melalui Jl Abdul Muthalib Dg Narang- Jl Yampo Dg Namba-Jl Aroepala-Jl Letjen Hertasning, atau melalui Jl Yusuf Bauti-Jl Manggarupi-Jl Bontotangnga-Jl Tun Abd. Razak-Jl Letjen Hertasning. [ADV]

Marketing Gallery
Komp. Ruko Flavour Walk D/1-3, Jl Yusuf Bauti, Gowa
Tlp. (0411) 821 1488 www.citragardengowa.com