HousingEstate, Jakarta - Tahukah Anda? Hunian kolektif sudah hadir sejak 2000 tahun yang lalu di era Romawi kuno! Namun baru pada abad ke-18, desain hunian kolektif dibuat agar mendukung kenyamanan penghuninya. Hingga kini, desain apartemen yang memiliki aspek humanis pun masih sedikit, terutama untuk kelas menengah ke bawah. Kesan sumpek, sempit dan membosankan sering dirasakan oleh penghuni apartemen di kota-kota besar di Indonesia.

Nah, berikut ini 5 tanda apartemen humanis yang perlu Anda cermati saat memilih apartemen ideal.

LOKASI DAN AKSES TRANSPORTASI YANG MUDAH

Perhatikan apakah lokasinya mudah diakses dengan transportasi publik? Ataukah harus naik kendaraan pribadi? Selain repot mengurus parkir dan boros BBM, pola berkendara yang terus–menerus konon dapat menimbulkan stres. Idealnya, apartemen memiliki akses jalan kaki ke jalan raya terdekat, sehingga mudah menempuh perjalanan dengan transportasi publik.

FASILITAS YANG LENGKAP DAN DEKAT

Pastikan apartemen tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan mendukung aktifitas Anda sehari-hari. Sebut saja Children Daycare atau tempat penitipan anak yang kini menjadi fasilitas penting karena semakin banyak ibu yang bekerja. Fasilitas lainnya meliputi minimarket, kantin, klinik, masjid, pasar dan sports club. Lebih menguntungkan lagi jika dikelilingi fasilitas umum perkotaan, misalnya sekolah, perkantoran, rumah sakit dan lain sebagainya. Jangan sungkan bertanya kepada warga setempat tentang fasilitas di sekitar apartemen yang Anda incar.

DESAIN ARSITEKTUR YANG RAMAH LINGKUNGAN

Walaupun berkonsep hunian vertikal, bukan berarti lantas arsitekturnya monoton. “Tantangan kami adalah menciptakan hunian terjangkau namun tetap memperhatikan aspek-aspek penghawaan dan pencahyaan alami yang optimal. Desain yang menarik secara psikologis dapat membuat penghuni lebih bahagia dan ingin selalu pulang ke rumah,” ujar Daliana Suryawinata, arsitek dari SHAU (Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism). SHAU dikenal telah memiliki rekam jejak menangani beragam konsep hunian urban di Belanda dan Indonesia.

INTERIOR YANG FUNGSIONAL

Memang luasan unit apartemen terbatas, tapi bukan lantas mengekang kreatifitas kita saat menata interiornya. Sudah banyak contoh desain interior apartemen mungil yang dilengkapi furnitur sesuai fungsinya. Jika ada show unit apartemen, jangan sungkan untuk mengikuti desain yang telah ada. Be smart, be efficient.

HARGA TERJANGKAU

Faktor harga memang penting, namun jangan terjebak harga murah. Pertimbangkan poin-poin di atas, dan berikan penilaian apakah harga yang ditawarkan masuk akal atau tidak. Manfaatkan juga fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen yang bekerjasama dengan pihak pengembang.

Kunjungi SHOW UNIT APARTEMEN TERAS ALUNALUN di Hangar, Jalan Tirta Utama, Bumiwedari, VIDA BEKASI. Buka setiap hari, 09.00 – 18.30 WIB.