HousingEstate, Jakarta - Tangga sebagai jalur sirkulasi vertikal dalam bangunan umumnya memakan ruang cukup luas. Konstruksinya yang miring menyisakan ruang kosong di bawahnya yang sayang jika tidak dimanfaatkan. “Paling simpel buat lemari penyimpanan. Kalau cukup besar bisa dipakai buat toilet,” kata Tobok Sidjabat, arsitek dari Urbanco (Jakarta).

Tangga dengan lebar 100-120 cm ruang bawahnya juga cukup luas dibuat toilet atau kamar mandi. Salah satu dindingnya upayakan menghadap ke luar untuk ventilasi udara. Bila tidak memungkinkan, pasang exhaust fan untuk menyedot udara dari toilet. Posisi kloset bisa dipasang pada sisi bawah tangga yang rendah untuk efektivitas ruang. Tinggi pintu masuk toilet disesuaikan dengan tinggi ruang di bawah tangga.

“Tidak harus pintu standar, yang penting tinggi orang pada umumnya bisa lewat dengan nyaman,” terangnya. Alternatif lain yang bisa dilakukan di ruang bawah tangga berbentuk segitiga itu, adalah membuat meja kerja, lemari buku, hingga pantry atau dapur. Lebar tangga 60 cm pas untuk menempatkan kitchen set dengan bentuk kabinet atas mengikuti kemiringan tangga.

“Jangan lupa tetap pasang cooking hood atau exhaust untuk menarik asap keluar yang bisa disembunyikan di dalam panel atau lemari atas,” saran Tobok. Seperti apa desain ruang bawah tangga yang bisa diwujudkan di rumah? Berikut beberapa inspirasinya.

 

Pantry

Aplikasi warna terang di pantry membuat ruang bawah tangga yang cukup tinggi tidak berkesan sempit.

Lokasi: Rumah contoh Fortune Graha Raya, Kota Tangerang Selatan, Banten

 

Gudang

Posisi tangga di sudut menyisakan ruang bawah yang cukup luas namun sulit dijangkau karena rendah, pas untuk gudang peralatan yang jarang dipakai.

Lokasi: Rumah contoh Rancamaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

 

Kamar Mandi

Pemanfaatan ruang bawah tangga untuk kamar mandi, ukuran pintu tak harus standar tapi bisa lebih pendek sesuai kecukupan ruang.

Lokasi: Rumah contoh Telaga Bestari Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten

Lokasi: Rumah contoh The Amarine BSD City Serpong, Tangerang, Banten

 

Ruang Display

Sisa ruang bawah tangga yang menghadap ke area ruang tamu bisa dimanfaatkan untuk tambahan rak untuk memajang aksesoris dan lain-lainb.

Lokasi: Rumah contoh Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Jawa Barat

 

Meja Kerja

Jika tangga cukup panjang, ruang di bawahnya efektif untuk menempatkan beberapa meja kerja atau tempat belajar praktis.

Lokasi: Unit contoh SOHO Roseville Serpong, Tangerang, Banten

 

Lemari Simpan

Area samping tangga jika memungkinkan juga bisa dirancang menjadi lemari penyimpanan sepatu yang cantik.

Lokasi: Rumah pembaca di Tebet, Jakarta Selatan