HousingEstate, Jakarta - Ajang Asian Games 2018 di mana Jakarta dan Palembang menjadi tuan rumah telah menjadi berkah tersendiri bagi penataan lansekap kota. Setidaknya jalur pedestrian atau trotoar di sekitaran Gelora Bung Karno, Senayan, yang akan menjadi pusat kegiatan Asian Games di Jakarta, pada Agustus 2018 menjadi makin cantik.

Hingga hari ini, Kamis (12/7), jalur trotoar yang mulai direnovasi sejak bulan April 2018 lalu sudah terlihat lebih keren. Di koridor Jalan Gerbang Pemuda atau di depan gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan kantor TVRI misalnya, trotoarnya sudah rapi dan lebar dan sudah bisa digunakan oleh masyarkat.

Di koridor Jalan Gerbang Pemuda ini awalnya terotoar digunakan untuk berjualan tanaman. Sekarang terotoarnya lebar 10 meter dengan jalur yang rata dan mantap kendati belum terlalu rindang karena vegetasinya belum rimbun. Trotoarnya juga menyediakan jalur kuning untuk penyandang tuna netra.

Trotoar di Jalan Asia Afrika, Senayan

Trotoar di Jalan Asia Afrika, Senayan

Berbelok ke Jalan Asia Afrika, jalur pedestrian masih sangat rapi namun lebarnya mengecil dibandingkan yang di ruas Gerbang Pemuda. Dengan trotoar yang lebar dan rapi, berjalan di atasnya membuat kita tetap nyaman kendati kendaraan di jalan raya cukup padat. Kalau saja seluruh trotoar seperti ini, berjalan kaki akan menjadi kegiatan yang menyenangkan di Jakarta yang padat dan bising.