HousingEstate, Jakarta - Kristal Garden Residence, Cibinong, Kabupaten Bogor (Jawa Barat), tengah menyiapkan  pengembangan tahap tiga. Rencananya pemasarannya akan dilakukan sekitar dua bulan mendatang. Pada tahap sebelumnya rumah yang dipasarkan sebanyak 400 unit, 300 unit di antaranya sudah terjual. “Saat ini penghuninya sekitar 100 KK, di dalam perumahan sudah dilengkapi kolam renang,” kata Wahyudi Sumali, Direktur Pemasaran Kristal Garden Residence, kepada housing-estate.com di Jakarta, pekan lalu.

Rumah yang akan dikembangkan pada tahap tiga sebanyak 130 unit. Ada tiga tipe yang ditawarkan. Yaitu, rumah satu lantai tipe 36/84 seharga Rp585 juta, 45/98 Rp685 juta, 60/120 Rp860 juta, dan rumah dua lantai tipe 60/120 Rp1,3 miliar. Harga tersebut sudah all in, konsumen tidak mengeluarkan biaya lagi termasuk uang muka.

Perumahan seluas 12 ha di Jl Mayor Oking, Cibinong, itu lokasinya cukup dekat dengan jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan stasiun kereta komuter Bogor-Tanah Abang dan Nambo-Manggarai. Selain itu ada bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) jurusan Cibinong-Grogol dan Cibinong-Kuningan.

Wahyudi menyebutkan sebagian besar rumah yang dipasarkan tipe 36/84 dan 45/98 yang harganya cukup terjangkau kalangan menengah. Segmen ini pasarnya cukup gemuk dan konsumen umumnya end user (pemakai). Ia mengakui kondisi pasar perumahan secara umum belum pulih, tapi khusus rumah mungil di bawah Rp600 juta permintaannya masih bagus. Selain pasarnya masih terbuka, perkembangan kawasan Cibinong yang cukup pesat diyakini akan mendorong konsumen melirik kawasan ini.

Saat ini di kawasan terdapat  mal, hiper market, rumah sakit, selain dekat dengan kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Bogor di Jl Tegar Beriman, Cibinong. Kelak perumahan ini makin mudah diakses dari Jakarta jika proyek light rail transit (LRT) Jakarta–Cibubur–Bogor yang melintasi jalut tol Jagorawi selesai dibangun. Tahap pertama dibangun rute Jakarta–Cibubur yang direncanakan beroperasi tahun depan.