HousingEstate, Jakarta - Produsen cat Nippon Paint untuk ketiga kalinya menggelar program Gapura Merah Putih, kegiatan sosial yang diselenggarakan dalam rangka menyambut perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di 30 kota di Indonesia, 28 Juli-13 Agustus 2018. Tahun ini Nippon Paint menargetkan pengecatan 6000 Gapura Merah Putih dan memecahkan rekor MURI seperti tahun sebelumnya untuk “Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak di Indonesia”.

Program Gapura Merah Putih telah dilakukan sejak 2016 dan tahun ini pengecatan tidak hanya dilakukan di area perumahan, namun juga di area sekolah dan kantor pemerintah. ”Sampai saat ini jumlah gapura yang dicat telah mencapai 6000 lebih di seluruh Indonesia, dan diperkirakan akan terus bertambah hingga menjelang hari perayaan kemerdekaan. Kegiatan ini memiliki tujuan menjaga semangat gotong royong di dalam masyarakat, mempererat persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, agama dan status sosial,” kata Mark Liew, Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia, melalui siaran pers yang diterima HousingEstate di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Setiap gapura dicat dengan produk cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect dengan warna edisi khusus Merah Merdeka 1945, sesuai warna merah bendera nasional Indonesia, dan Nippon Weatherbond warna putih Brilliant White 1001, dengan tambahan Nippon Metallic Paint (Water-Based) warna Real Gold 3100.

Semua gapura yang mengikuti program ini dicat dari cat hasil pencampuran teknologi mesin tinting Nippon Paint, sehingga warna Gapura Merah Putih diklaim 100 persen seragam dan konsisten dari Sabang sampai Merauke. Selain pengecatan juga diadakan Kompetisi Video Yel-yel Merah Putih dengan total hadiah Rp250 juta, bagi yang berhasil menunjukkan kreativitas terbaik, kekompakan dan semangat kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan melalui videonya.