HousingEstate, Jakarta - PT PP Properti Tbk, anak usaha PT PP (Persero) Tbk, mencatatkan pertumbuhan laba bersih 15 persen selama semester pertama 2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hingga periode empat bulan (September-Desember) 2018 ini pencapaian laba itu akan terus dikejar untuk memenuhi target laba bersih tahun 2018.

“Tahun ini kami menargetkan laba bersih sekitar Rp520 miliar atau naik 19 persen dibandingkan tahun 2017. Makanya kami terus meningkatkan proses produksi dari land bank yang kami miliki untuk bisa mencapai target tersebut,” kata Taufik Hidayat, Direktur Utama PP Properti, saat acara Investor Summit 2018 yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Ada berbagai strategi yang diterapkan untuk bisa meningkatkan penjualan dan mencapai target kinerja tahun ini. Misalnya, bekerja sama dengan Mandiri meluncurkan program PILKADA (Pilihan Kredit Apartemen Anda). Dengan program ini konsumen bisa mendapatkan subsidi biaya KPR hingga proses approval pengajuan kredit yang lebih cepat.

Sementara dengan Bank BTN, PP Properti meluncurkan program SUPER (Simpel Untung Promo & Extra Reward). Program ini memungkinkan konsumen menyediakan uang muka ringan hanya lima persen dan bunga mulai dari 4,68 persen. Beberapa program kerja sama dengan perbankan ini telah meningkatkan minat pembelian dari konsumen.

“Hingga semester pertama tahun ini marketing sales perusahaan sudah mencapai Rp2,49 triliun (atau sekitar 65 persen). Itu artinya porsi pencapaian target kami tahun ini tinggal 35 persen. Kami menargetkan marketing sales Rp2,8 triliun tahun ini, kami yakin bisa mencapainya,” katanya.

Beberapa rencana aksi strategis PP Properti yang lain juga akan terus digenjot. Untuk semester II 2018 ini akan diluncurkan dan ground breaking tiga proyek residensial: Westown View dan Grand Sungkono Lagoon di Surabaya (kota) serta Grand Sagara apartment di Suramadu (Surabaya).

Dari bisnis hospitality, Prime Park Hotel Pekanbaru dan Palm Park Hotel Surabaya akan mulai menambah kontribusi pendapatan berulang (recurring income) perusahaan, begitu pula Mall Lagoon Avenue Bekasi, dan beberapa proyek lain. PP Properti juga akan menyasar transaksi bulk sales dengan menggandeng kemitraan strategis untuk mempercepat peningkatan penjualan.