Jangan biarkan dinding kosong. Isi dengan dekorasi untuk menghidupkan suasana rumah

HousingEstate, Jakarta - Ada banyak cara menghidupkan suasana rumah. Salah satunya dengan dekorasi dinding. Lukisan, foto-foto memori, dan benda seni (artwork) yang dipilih untuk mengisi dinding kosong di rumah dipercaya dapat menambahkan energi pada ruangan. Lebih spesial lagi jika diterapkan dalam ruang keluarga. Ekstra sentuhan personal pada dinding bisa menumbuhkan suasana yang penuh cinta bagi seluruh penghuni.

Tapi, jangan asal-asalan dalam menutup dinding dengan dekorasi supaya tidak terlihat berantakan. Penuhi prinsip-prinsip simple, seperti kombinasi warna dan kesesuaian tipe dekorasi dengan gaya interior, serta pemasangan yang tepat. Saat ingin menggantung artwork berupa lukisan, foto atau benda seni berbingkai di dinding, ada rumusnya tersendiri yang layak dipedomani agar enak dipandang. Berikut aturan yang layak dicoba disarikan dari situs www.lifehacker.com.

interior dinding rasio ukuran art wordk

Rasio Ukuran Art Work dan Dinding

Gunakan matematika sederhana dengan rumus 0,57 x lebar/panjang dinding  untuk mendapatkan ukuran lebar artwork yang ideal dengan luas dinding. Kalau ada beberapa ukuran bentuk artwork yang ingin ditempatkan, susunlah berdekatan seperti satu bagian utuh yang tidak melebih lebar ideal tadi. Pikirkan juga kesesuaian lebar area pajang dengan furnitur berdekatan. Kalau di atas sofa atau kursi panjang, manfaatkan dinding hanya selebar 2/3 dari lebar/panjang sofa untuk diisi artwork.

interior dinding atur ketinggian

Atur Ketinggian

Jangan ketinggian atau kerendahan saat memasang dekorasi di dinding karena tidak nyaman dipandang. Pendekatan yang umum dipakai di museum adalah, setinggi 145 cm dari lantai hingga tengah dari bidang bingkai lukisan atau foto yang ingin dipasang. Tempatkan lebih tinggi lagi sekitar 7-10 cm untuk tipe ruang dengan dinding yang tingginya dua kali lipat dari biasanya (double height). Gunakan juga intuisi Anda untuk menentukan ketinggian dengan mempertimbangkan furnitur, jendela dan aksesoris interior lain yang sudah ada di rumah. Jika ada sofa di bawahnya, berarti atur jarak artwork dari atas sofa sejauh 15-20 cm. Untuk penempatan di ruang makan, sebaiknya tempatkan pajangan sedikit lebih rendah hingga sesuai tinggi mata memandang saat duduk di kursi makan. Gunakan pendekatan museum yang sama untuk menempatkan artwork di tangga. Taruh pada setiap tiga anak tangga untuk mendapatkan proporsi diagonal.

interior dinding rasio ukuran art wordk

Bermain Proporsi

Seimbangkan antara jumlah benda seni yang hendak dipajang dengan besarnya dinding dan keseluruhan ruang. Hindari memasang artwork terlihat berlebihan hingga menutup seluruh dinding, dan sebaliknya jangan membuat karya seni yang dipajang terkesan tenggelam oleh interior ruang. Jika artwork berukuran kecil, sandingkan beberapa buah dan tempatkan berkelompok pada luasan dinding kosong yang kecil juga. Bila pengisi interior di ruangan banyak dan berukuran kecil, pilihlah artwork yang  berukuran agak besar untuk menjadi fokus perhatian pada dinding.