HousingEstate, Jakarta - Produk keramik premium dengan tampilan batu alam menjadi pilihan kalangan atas untuk mempercantik interior dan eksterior rumah atau bangunannya. Segmen produk ini kian ramai dengan hadirnya Quadra-Ultimate Design Surface sebagai tegel keramik dan furnitur jenis sintered manufactured stone slab berukuran ekstra besar seperti lempengan batu alam. Quadra sendiri merupakan sister company dari produsen keramik Roman (PT Satyaraya Keramindoindah/Lyman Group).

 

Menurut Marketing Manager Quadra Chan Kwok Piauw, produk ini disebut juga porcelain slab karena proses produksinya menyerupai batu alam baik secara tampilan maupun kekuatan. “Produk diluncurkan sejak Oktober tahun lalu dan tersedia dalam 70 motif. Bisa untuk pelapis lantai, dinding, dan top table meja dapur, kitchen set, furnitur, hingga sculpture,” ujarnya kepada housing-estate.com di ajang Exhibition Kitchen Bathroom Indonesia di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Dimensi Quadra mencapai 3,2 x 1,6 m2. Ada juga half size 1,6 x 1,6 m selain ukuran 3 x 1,5, 1,5 x 1,5, 2,4 x 1,2, dan 1,2 x 1,2 m dengan ketebalan 12 mm dan bobot 27 kg/m2. Produk diproduksi dengan dibakar pada suhu di atas 1.250 derajat celcius sehingga membuatnya sangat keras dan hampir tidak berpori. Kuat tekannya mencapai 450 kg/cm2.

Pemasangannya di lantai seperti keramik biasa, namun dengan menambahkan adesif khusus karena produk cukup berat. Dengan tampilan seperti batu alam, papan tegel besar (slab) Quadra diklaim memiliki durabilitas lebih baik dan nyaris tanpa perawatan, cukup dilap kain lembab.

“Produk ini bisa menjadi alternatif marble atau granit alam dengan tampilannya yang tidak berbeda dengan batu alam. Saat ini kapasitas produksi kami mencapai 3.000 m2 per hari, dan sudah diekspor ke China, Australia, Thailand, Amerika, Singapura, dan terakhir ke Vietnam. Harganya mulai dari Rp1,2 juta per m2,” jelas Kwok.