HousingEstate, Jakarta - Masalah yang sering dikeluhkan dalam penggunaan pengontrol udara atau air conditioner (AC) di Indonesia, adalah tegangan (voltase) listrik yang tidak stabil yang membuat perangkat elektronik tidak bekerja maksimal dan mudah rusak. Merespon keluhan itu, Panasonic meluncurkan rangkaian produk terbaru AC tangguh yang dilabeli si-BIRU, singkatan dari Bandel, Irit, Ramah Lingkungan, dan Umur Panjang.

“Seiring berkembangnya ekonomi kelas menengah di Indonesia, pasar AC juga ikut membesar,” kata Seigo Saifu, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, dalam acara peluncuran AC Si-BIRU di Jakarta (9/10/2018). Produk AC terbaru Panasonic ini ditawarkan dalam ada empat tipe mulai dari kapasitas ½ PK dengan daya listrik terendah 360 watt.

AC dilengkapi teknologi blue concept pada material evaporatornya (foto: HousingEstate/Susilo Waluyo)

Rangkaian produk AC terbaru ini diklaim bandel karena mampu beroperasi pada tegangan listrik yang tidak stabil dan rendah hingga 160 V. Produk juga hemat listrik dan sudah tersertifikasi dengan rating bintang empat dari Kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), sehingga menghasilkan pendinginan yang cepat dengan konsumsi listrik yang hemat. AC Panasonic sudah menggunakan Refrigerant 32, generasi baru untuk pendinginan yang lebih cepat namun tetap ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon.

Paling berbeda dari kompetitornya, unit outdoor Ecotough yang menggunakan material khusus Superdyma yang anti korosi dan tahan lama, cocok untuk iklim tropis Indonesia. Dibenamkan juga fitur terbaru blue fin di bagian evaporator dan condenser yang membuat AC tidak mudah bocor dan tangguh. Panasonic memastikan AC tahan pada berbagai kondisi cuaca seperti hujan, pantulan langsung sinar matahari, dan angin kencang.

“AC juga sudah terlindungi dari bahaya korsleting karena PCB (papan sirkuit)-nya dilapisi bahan silikon,” terang Heribertus Ronny, Assistant General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia. Instalasi produk AC ini juga diklaim lebih mudah dan fleksibel karena dilengkapi pipa sepanjang 20 meter. Evaporatornya bergaransi tiga tahun.