HousingEstate, Jakarta - Untuk keempat kalinya sejak tahun 2015 PT Ciputra Residence (Ciputra Group) menggelar pemberian penghargaan Health, Safety, & Environment Awards 2018 (HSE Awards) untuk para kontraktornya di Jakarta, Rabu (10/10/2018). Pada HSE Awards 2018 yang disebut tahap pendewasaan budaya keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan (K3L) ini, ada 42 kontraktor dan subkontraktor mitra Ciputra Residence yang menerima penghargaan yang terbagi dalam 8 kategori pemenang dan 1 kategori apresiasi.

Ke-42 kontraktor itu dinilai paling bagus menerapkan dan membudayakan K3L dalam setiap pekerjaannya di puluhan proyek Ciputra Residence di seluruh Indonesia. Jangan heran sepanjang 2017 dan 2018 Ciputra Residence mampu menekan angka kecelakaan kerja secara optimal menuju zero accident dan zero loss time injury.

“Penerapan budaya HSE (K3L) akan meningkatkan produktifitas dan daya saing perusahaan. Karena itu kami di Ciputra Residence menilainya sangat penting dan memberikan penghargaan kepada para mitra kontraktor yang sudah menerapkannya dengan baik saat mengerjakan proyek,” kata Mary Octo Sihombing, Direktur PT Ciputra Residence, dalam acara pemberian HSE Awards 2018 versi Ciputra Group tersebut.

Lalitya Ciputra Sastrawinata, Associate Director Ciputra Residence, menambahkan, Ciputra Residence mengukuhkan diri sebagai satu-satunya perusahaan yang komit dan secara berkelanjutan sejak tahun 2015 memberikan apresisasi kepada para mitra kontraktornya yang telah menjalankan budaya HSE secara konsisten. Ciputra Residence menerapkan HSE management secara ketat dan menjadi pengembang pertama yang menyelenggarakan HSE awards sejak tahun 2015.

Karena itu para mitra kontraktor Ciputra Residence juga diwajibkan memahami dan mengimplementasikan budaya itu dengan penuh disiplin dan tanggung jawab sesuai standard operating procedure (SOP). “Bila HSE terlaksana dengan baik, kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari, sehingga tercipta suasana kerja yang aman, nyaman, dan sehat yang bermuara pada peningkatan produktifitas. Jadi, penerapan HSE management yang ketat bukan semata-mata memenuhi persyaratan regulasi dan karena komitmen kepada pihak ketiga, namun lebih pada upaya perusahaan memastikan pengembangan proyek berjalan dengan baik,” jelasnya.

Di antara kontraktor penerima HSE Awards 2018 dari Ciputra Residence itu adalah PT Jaya Teknik Utama, PT Berca Schindler Lift, PT Quadra, PT Arista Pratama Jaya, PT Urelam Jaya, PT Citra Karsa Persada, PT Myouri Makmur Mandiri, PT Sanali Bangun Lestari, PT Ciptakom, PT Ikagriya Darmapersada, PT Kharisma Arum Abadi, PT Rekacipta Bangun Pratama, PT Mega Firdaus, CV Margona Cipta Kreasi, PT Sinar Budi Sentosa, PT Trikon Developindo Sejahtera, PT Fajar Gelora Inti, PT Mitrakarya Bangun Sejahtera, PT Cipta Asri Multi Prestasi, PT Bangun Menara Abadi, PT Citra Karsa Persada, PT Dwijaya Selaras, dan PT Bina Mitra Jaya Mandiri.