HousingEstate, Jakarta - Creed Group, grup usaha developer asal Jepang, masuk ke proyek apartemen Serpong Garden (2,7 ha/5 menara) dekat stasiun Cisauk, Tangerang (Banten), yang dikembangkan PT Hutama Anugrah Propertindo (HAP), kolaborasi PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI) dan Karya Cipta Group (KCG). Kedua pihak akan membentuk joint venture untuk mengembangkan tiga menara selanjutnya di proyek tersebut berikut aneka fasilitasnya.

Proyek apartemen Serpong Garden (Segar) sudah mengembangkan dua menara pertama sebanyak 1.500 dan 763 unit sejak akhir 2016. “Saat ini sekitar 2.000 unit sudah terpesan. Menara ketiga 1.500 unit akan dilansir awal tahun depan. Dengan masuknya Creed Group, konsepnya akan dimodifikasi sesuai keahlian yang dibawa mitra kami,” kata Ferdy Sutrisno, Presiden  Direktur HAP, kepada pers di Jakarta, Kamis 911/10/2018). Ia didampingi Head of Representative in Indonesia Creed Group Tatsuya Ichinomiya serta jajaran direksi dan komisaris HAP.

Menurut Ferdy dan Ichinomiya, Segar akan dikembangkan dengan konsep transit oriented living (TOL) berikut aneka fasilitas dan infrastrukturnya, karena lokasinya yang berdekatan dengan stasiun kereta komuter Cisauk. Untuk itu pengembang akan membangun jalan layang yang menghubungkan langsung lokasi apartemen dengan stasiun tersebut. “Nanti penghuni cukup berjalan kaki dari apartemen ke stasiun itu dalam beberapa menit,” ujar Ferdy. Selain itu Cisauk juga kelak akan menjadi stasiun antar moda transportasi umum, tidak hanya kereta.

“Jadi, kawasan ini kelak akan sangat ramai sehingga prospek investasinya tinggi. Mereka yang bekerja di Jakarta layak tinggal di apartemen ini, karena dari stasiun Cisauk ke stasiun Tanah Abang (Jakarta) dengan kereta hanya 40 menit. Tarifnya juga hanya Rp4.000 sekali jalan,” ungkapnya. Ichinomiya menambahkan, di kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo (tempat lahirnya Creed Group) yang menampung banyak stasiun kereta sudah lazim di sekitar stasiun-stasiun itu dikembangkan banyak apartemen dan fasilitas pendukungnya dengan konsep TOL atau yang di Indonesia populer dengan sebutan TOD (transit oriented development).

“Creed Group yang berpengalaman mengembangkan properti yang terintegrasi stasiun transportasi antar-moda di Jepang, akan membawa dan menerapkan keahlian dan pengalamannya itu dalam pengembangan Serpong Garden (selanjutnya),” katanya. Saat ini dua menara pertama apartemen di Serpong Garden itu sudah dibangun dengan target serah terima sekitar pertengahan tahun 2020. Unit yang masih dipasarkan saat ini dibandrol mulai dari Rp300 jutaan/unit tunai (tipe studio 20 m2). “Masih terjangkau oleh pekerja muda,” tukas Ferdy tentang apartemen di distrik komersial perumahan Serpong Garden (45 ha) itu.