HousingEstate, Jakarta - PT Sharp Electronics Indonesia kembali meluncurkan produk TV terbaru untuk kategori TV layar datar kategori LED TV (sistem pencahayaan dengan lampu LED). Fitur unik lini TV terbaru ini bisa menampilkan jadwal panggilan salat (azan) bagi umat Islam. Krena itu produk disebut Azan TV. Fitur itu dihadirkan sebagai bentuk keseriusan Sharp menjadi produsen elektronik yang dekat dengan masyarakat lokal.

“Lini LED TV di Indonesia merupakan pasar potensial yang masih menunjukan peningkatan pesat sejak tahun 2017. Potensi ini kami sambut dengan meluncurkan fitur dan teknologi yang menarik seperti Azan TV ini, karena kami melihat ada kebutuhannya,” kata Andry Adi Utomo, Domestic Sales Senior GM Sharp Indonesia, saat peluncuran Azan TV di Jakarta seperti diktuip siaran persnya Rabu (10/10/2018).

Selama ini melalui siaran televisi azan ditayangkan hanya saat subuh dan magrib. Dengan Azan TV setiap waktu salat akan ada azan yang dilantunkan Muzammil Hasballah. Menariknya, fitur itu juga tidak bergantung pada koneksi internet. Pengguna tinggal menentukan lokasi dan secara otomatis jadwal azan salat lima waktu akan muncul.

Pengguna juga bisa memodifikasi suara dan notifikasi imbauan pesan salat sesuai dengan keinginan melalui menu pengaturan. Bisa dipilih juga suara azan hingga jumlah notifikasi yang ingin ditampilkan. Fitur lain TV ini adalah Easy Smart yang memungkinkan penggna  memindahkan tampilan dari ponsel ke layar TV, sekali lagi tanpa koneksi internet.

Ada juga konektivitas Bluetooth untuk menunjang pengalaman menonton dengan Bluetooth In, sehingga kita bisa menikmati koleksi musik dari ponsel dengan speaker TV. Bluetooth Out-nya juga bisa menyalurkan suara TV ke perangkat audio wireless lainnya seperti headphone atau perangkat home theater.

Azan TV tersedia dalam ukuran 40-70 inch dengan harga Rp4,9-7,8 juta/unit. TV ini juga bisa dijadikan pemanis interior ruang karena memiliki fungsi standby clock display untuk menjadi jam ruangan atau sebagai frame untuk menayangkan berbagai koleksi foto penghuni rumah.

“Hingga tahun 2016 kami berhasil memproduksi 20 juta unit TV dan membuat pangsa pasar kami untuk produk ini mencapai 20,2 persen. Tahun depan kami menargetkan pangsa pasar TV Sharp mencapai 25 persen, salah satunya dengan meluncurkan Azan TV ini,” jelas Andry.