HousingEstate, Jakarta - Untuk wilayah dengan iklim tropis yang lembab seperti Indonesia, genteng keramik dianggap pilihan penutup atap yang tepat. “Untuk wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia yang lembab dengan curah hujan tinggi dan cahaya matahari terik, genteng keramik berglazur seperti Kanmuri paling tepat. Genteng keramik tidak akan retak, keropos, dan berkarat sehingga lebih awet dan tahan lama,” kata John Chang, GM PT Satya Djaya Raya Trading Coy, produsen genteng keramik premium Kanmuri dan penutup lantai kayu Gracewood, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Satya Djaya Raya akan membuka Gallery of Kanmuri-Gracewood di Gedung Quadra Centrum Lantai 2, Taman Aries, Meruya, Jakarta Barat, akhir tahun ini untuk makin memperkenalkan keutamaan produk-produknya kepada khalayak sekaligus menjadi tempat bertransaksi dan berkonsultasi mengenai pemasangan produk genteng dan pelapis lantai kayunya.

Ia menjelaskan, Kanmuri diproduksi dengan teknologi Jepang dan Eropa, dengan cara dibakar dalam suhu hingga 1.100 derajat celcius, sehingga genteng sangat kuat, tidak luntur dan pudar warna serta glazurnya, dan bebas perawatan. “Jadi pakai genteng ini (Kanmuri), sekali untuk selamanya,” ujarnya.

Menurut John, atap harus menjadi prioritas terpenting seseorang saat membangun rumah dibanding misalnya, dinding dan lantai. Terlebih di wilayah tropis seperti Indonesia. Alasannya, sekali pilihan dan sistem pemasangan atap salah sehingga rumah bocor atau dirembesi air, seisi rumah termasuk perabot, perkakas, akan menjadi korban. Padahal, memperbaikinya tidak mudah dan butuh biaya besar karena atap berada di ketinggian. Ini berbeda dengan dinding dan lantai yang lebih mudah memperbaikinya bila ada masalah.

“Karena itu pilihan penutup atap yang tepat jadi sangat penting. Prinsipnya, pilihan genteng itu bukan hanya harus indah, tapi mampu melindungi seisi rumah dalam jangka panjang. Keputusan yang salah bisa membuat kita justru harus keluar biaya yang jauh lebih besar untuk perbaikan dan lain-lain,” jelas John.

Selain itu pilihan penutup atap yang tepat juga membuat tampilan rumah lebih gagah dan indah yang memberikan kepuasan dan rasa percaya diri kepada pemiliknya. “Yang pertama dilihat dan dinilai orang dari sebuah bangunan tentu eksteriornya. Jika kesan pertama dari luar rumah terlihat tua dengan genteng pudar, kusam, dan berlumut, tentu bangunan itu tidak sedap dipandang dan menurunkan nilainya,” katanya.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya, penutup atap genteng keramik seperti Kanmuri membuat ruang di dalam rumah menjadi lebih adem yang pada akhirnya mengurangi konsumsi listrik untuk AC. Tentu saja supaya aman, pemasangan genteng keramik berkualitas juga membutuhkan struktur bangunan dan rangka atap yang baik sebagai penopang.