HousingEstate, Jakarta - Produsen aneka produk inovatif 3M yang sudah banyak dikenal mereknya di Indonesia seperti ScotchBbrite, 3M window film, dan alat tulis kantor Post It, menyelenggarakan seminar dan workshop bertajuk Innovative Urban Design with 3M sebagai wadah berbagi inspirasi desain bangunan modern bagi para desainer dan arsitek di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Pada acara itu 3M mengundang pemilik A Go Architect Abimantra Pradhana, untuk berbagi testimoni dan inspirasi desain modern yang ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan dengan menggunakan produk-produk 3M.

“Sebagai penggiat industri seni bangunan, saat ini kami dituntut makin kreatif dan efisien dalam mendesain struktur dan interior bangunan. Melalui wadah seperti ini, kami dapat terus mengembangkan skill di dunia kerja dengan saling bertukar cerita dan inspirasi bersama rekan-rekan sejawat,” kata Abimantra Pradhana, pemilik A Go Architect, melalui siaran berita yang dikirimkan ke housing-estate.com, Selasa (31/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut, 3M mempromosikan solusi produk yang dapat menjawab tantangan desain bangunan dan diklaim ramah lingkungan, seperti lapisan film artistik 3M DI-NOC, kaca film 3M Prestige series, dan safety & security series, serta perekat (sealent) dari bahan akrilik 3M VHB tapes. Lapisan film artistik dilengkapi adhesive khusus dan dapat diaplikasikan pada berbagai permukaan baik halus maupun kasar.

Tersedia 225 desain terbaru yang diproduksi Pusat Penelitian dan Desain 3M di Jepang dilengkapi ultra-matte top coating canggih untuk membuatnya tahan terhadap sidik jari dan kotoran. Produk ini menawarkan motif-motif nuansa elemen kayu, batu-batuan, metal, kulit, kain, dalam beragam warna.

Sedangkan kaca film 3M didesain khusus untuk menolak panas dan mengurangi pantulan gambar interior dan eksterior rumah, sehingga memberikan pemandangan yang lebih jernih pada kaca ruangan. Seluruh produk kaca film juga dilengkapi terknologi khusus yang mampu mengurangi sinar UV yang masuk sehingga dapat melambatkan proses pemudaran perabotan rumah, serta memiliki lapisan pelindung tambahan bagi hunian. Dengan mengurangi sinar UV yang masuk, konsumen dapat mengurangi penggunaan AC di ruangan.

“Di era urban sekarang kami melihat adanya tren positif dari kesadaran masyarakat terhadap estetika desain hunian dan bangunan. Komitmen kami, senantiasa memberikan solusi berbasis sains yang dapat membantu pelaku industri untuk menjawab permintaan pasar terhadap desain yang artistik, modern, terjangkau, serta mudah diaplikasikan,” jelas Razi Raziansyah, Business Manager Commercial Solutions Division PT 3M Indonesia.

Dua produk yang juga diperkenalkan adalah solusi perekat 3M Dual Lock Reclosable Fastener SJ3551 untuk yang tahan lama, dapat dibuka dan ditutup kembali selama beberapa kali, dan 3M Extreme Sealing Tape 4412N yang cocok untuk aplikasi luar ruangan yang terpapar cuaca, karena tahan terhadap intrusi air, bisa melekat langsung sesaat setelah diaplikasikan, dan memungkinkan pengaplikasian yang cepat.