HousingEstate, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) kembali melakukan kerja sama pembiayaan kredit rumah atau KPR dengan Bank Pembagunan Daerah (BPD) BPD Jawa Barat dan Banten atau Bank BJB. Kali ini SMF menyalurkan pembiayaan sebesar Rp220 miliar kepada Bank BJB.

“Dengan kerja sama ini total pembiayaan yang telah disalurkan SMF ke Bank BJB mencapai Rp1,72 triliun. Sebelumnya 6 Juni 2018 SMF telah mengalirkan pembiayaan Rp1,5 triliun untuk Bank BJB,” kata Heliantopo, Direktur Sekuritas dan Pembiayaan SMF, saat acara penandatanganan kerja sama dengan Direktur Keuangan dan Direktur Konsumer Bank BJB Nia Kania dan Suartini di Bandung, sebagaimana dikutip rilis SMF, Kamis (1/11/2018).

Heliantopo menyebut, kerja sama seperti ini akan terus dilakukan untuk meningkatkan pembiayaan rumah murah. Kerja sama dengan BPD menjadi tepat karena akan memperluas jangkauan pembiayaan kepemilikan rumah di seluruh Indonesia selain memotivasi BPD lain untuk ikut menyalurkan dan meningkatkan pembiayaan KPR-nya.

Ke depan diharapkan BPD di seluruh Indonesia bisa menjadi pelopor dan originator dalam melakukan sekuritisasi aset KPR dengan SMF. Saat ini Bank BJB merupakan BPD dengan jangkauan yang sudah nasional dengan peringkat ke-12 dari 115 bank di Indonesia. Volume dan aset yang besar diharapkan bisa melakukan sekuritisasi aset KPR di kemudian hari.

“Kebutuhan hunian di Indonesia terus membesar dan itu membutuhkan pembiayaan yang besar pula, sehingga diperlukan pola-pola pembiayaan yang kreatif. Hingga saat ini SMF sudah bekerja sama dengan 27 BPD baik untuk pembiayaan, pendampingan dan pelatihan guna mendukung pengembangan kapasitas penyaluran KPR oleh BPD. Hingga September 2018, secara kumulatif SMF telah menyalurkan Rp43,99 triliun yang terdiri atas sekuritisasi asset KPR Rp10,16 triliun dan pinjaman Rp33,83 triliun,” tutur Heliantopo.