HousingEstate, Jakarta - Produsen karpet lokal Moire menggandeng 10 desainer di Indonesia untuk berkolaborasi merancang karpet yang merepresentasikan beragam karakter, gaya desain, dan cita rasa. Moire menggelar pameran karya desainer tersebut di showroom Ambiente, Jakarta, Kamis (29/11/2018) hingga Sabtu (1/12/2018). Tidak hanya arsitek dan desainer interior, Moire juga mengajak desainer grafis hingga desainer adi busana untuk merancang motif karpetnya.

Didi Budiardjo, salah satu perancang busana yang ditunjuk Moire untuk mendesain karpetnya, menghadirkan karya bertema taman di Paris. Karpet bermotif hitam-putih yang dirancang Didi ditambahi taburan iron crystal Swarowski pada bagian tengah untuk merepresentasikan elemen air.

“Saya sangat tertantang mendesain di media baru seperti karpet karena fashion itu memang tidak selalu tentang pakaian,” kata Didi Budiardjo dalam konferensi pers Moire: Bespoke At Its Finest di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Desain karpet karya desainer interior Santi Alaysius dan Hamprey Tedja (foto: HousingEstate/Susilo Waluyo)

Sederet desainer lokal ternama lainnya yang ikut berkolaborasi adalah Hidayat Endramukti, Thomas Elliott, Sammy Hendramianto Syamsulhadi, Alvin Tjitrowirjo, Francine Denise Tjoitang, Eko Priharseno, Ronald Humardani, Sandy Karman, Santi Alaysius dan Hamprey Tedja untuk DMDIO.

“Setiap desainer memiliki kebebasan penuh dalam desainnya. Kolaborasi ini ingin menunjukkan bahwa kami bisa memproduksi beragam karakter desain dan bahkan mewujudkan imajinasi desain yang baru,” kata Tama Dewanto, Creative Director Moire.

Selama ini keterbatasan desain pada merek dagang lokal mendorong desainer mencari karpet dari merek dagang luar yang memiliki harga sangat tinggi. Moire sejak dulu dikenal sebagai merek premium untuk karpet yang diproduksi sesuai pesanan.

Berada di satu perusahaan dengan Rug House, yang telah lebih dahulu dikenal sebagai produk karpet untuk menengah ke atas. Untuk produk karpet Designer Series ini, Moire mematok harga mulai dari Rp5,4 juta per meter persegi (m2). Sedangkan untuk karpet motif standar harganya mulai dari Rp2,3 juta/m2.

Moire banyak menggunakan material berkualitas dari bahan wool, viscose, dan sutra untuk pembuatan karpet dengan teknik hand-tufted yang membuat produk bisa tahan cuaca hingga beberapa dekade.