HousingEstate, Jakarta - Media masa yang memiliki fokus khusus terhadap bidang properti seperti HousingEstate sangat sedikit. Di sisi lain bisnis properti sendiri sangat unik dan tidak bisa disamakan dengan sektor lainnya karena beberapa kekhususan yang hanya ada padanya. Karena itu keberadaan media khusus seperti HousingEstate menjadi sangat penting untuk menjadi jembatan informasi pebisnis properti dengan konsumen dan masyarakat.

“Ada banyak text book soal properti tapi selalu ada semacam jurang informasi antara developer dan konsumennya. Di zaman banjir informasi saat ini saya pastikan informasi mengenai properti itu sangat sedikit. Makanya perlu media dan itu yang menjadi idealisme kami saat membuat majalah HousingEstate tahun 2004,” kata Heru Narwanto, founder HousingEstate di ajang pemberian penghargaan properti hijau Green Property Awards dan pengembang dengan penjualan paling bagus Housing Estate Awards 2018 oleh majalah HousingEstate dan housing-estate.com di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Keunikan lainnya terkait bisnis properti, jelas Heru, properti merupakan produk yang tidak homogen sehingga sulit diperbandingkan satu sama lain. Berbeda dengan produk lain yang mudah dibandingkan. Ada banyak faktor pembeda yang membuat properti menjadi sulit diperbandingkan. Misalnya, soal lokasi, sangat sulit membandingkan produk dengan lokasi yang berbeda. Belum bicara mengenai kualitas bahan bangunan, konsep, fasilitas, cara bayar, dan lainnya.

Tidak seperti informasi lain yang cukup dibaca, infromasi mengenai properti juga perlu di-collect untuk menjadi bahan koleksi. Gambarannya sama seperti sektor fotografi yang kerap berpameran dan tetap menerbitkan buku maupun catalog, karena harus dinikmati seperti itu dan menjadi bahan koleksi.

Adanya gap informasi terkait sektor properti itu yang coba dijembatani HousingEstate. Idealismenya agar masyarakat tahu mana produk properti yang bagus dan seperti apa developer yang baik. Dan, idealisme itu terus dijaga dan ditekankan kepada seluruh awak yang mengelola HousingEstate.

“Kalau media seperti HousingEstate tidak ada, kita semua kehilangan medium untuk menyampaikan berita properti yang baik. Media ini harus tetap ada karena itu butuh dukungan dan kolaborasi. Ayo sama-sama kita support dan jaga media ini supaya tetap ada medium untuk sektor properti. Karena kita tidak ingin masyarakat keliru dengan produk properti dan pengembang yang membuat produk baik bisa dihargai,” tutur Heru.