HousingEstate, Jakarta - Pemerintah cq Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengapresiasi ajang penghargaan yang secara rutin diselenggarakan HousingEstate, yaitu Green Properti Awards dan HousingEstate Awards 2018. Menurut Direktur Rumah Khusus dan Komersial Kemenpupera Yusuf Hariagung, konsistensi awards seperti ini mendorong produksi dan kualitas produk properti dan turunannya.

“Penghargaan seperti ini akan meng-generated para pengembang dan produsen bahan bangunan untuk proaktif menghasilkan produk yang makin berkualitas. Tantangan sektor perumahan kita cukup berat. Karena itu harus terus diupayakan percepatan pembangunan perumahan dan ajang ini menjadi nilai tambah untuk dorong produktivitas dan kualitas,” katanya saat menyampaikan sambutan di ajang pemberian penghargaan properti hijau Green Property Awards dan pengembang dengan penjualan paling bagus Housing Estate Awards 2018 oleh majalah HousingEstate dan housing-estate.com di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Di antara banyak kendala, Yusuf menyebut ada begitu banyak potensi terkait sektor perumahan. Pertumbuhan pasar yang sangat besar dari keluarga baru setiap tahun yang mencapai 600-800 ribu keluarga baru selain defisit (backlog) kepemilikan rumah yang mencapai 11,4 juta (data tahun 2015) menjadi tantangan yang harus bisa dijawab oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) properti.

Pemerintah sendiri dengan anggarannya yang terbatas, mengeluarkan program pembangunan sejuta rumah per tahun sejak tahun 2015. Hanya saja dari sisi anggaran hanya bisa menyediakann sekitar 20 persen dari target satu juta tersebut. Anggaran yang kecil ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi pengembang untuk terus berproduksi menghasilkan rumah yang layak huni khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pasar perumahan kita sangat besar, dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri saja ada 1,3 juta yang belum punya rumah. Belum generasi pekerja milenial yang mencapai 35 persen dari komposisi penduduk Indonesia dan kalangan MBR. Sekali lagi apresiasi dengan awards yang diadakan HousingEstate karena ini bisa menjadi trigger untuk terus memacu kompetisi dan mendorong produktivitas sektor properti kita,” ujarnya.