HousingEstate, Jakarta - Tahun baru 2019 telah di depan mata dan musim liburan juga telah menanti. Selain jalan-jalan, kita bisa menyambut tahun baru dengan meremajakan tampilan di rumah untuk menambah semangat baru di tahun yang baru dan memberikan tampilan berbeda kepada tamu dan kerabat yang berkunjung.

AkzoNobel, produsen cat Dulux memberikan beberapa panduan untuk men-touch up ulang ruang-ruang di rumah, sebagaimana dikutip rilis yang dikirimkan ke housing-estate.com, Jumat (14/12/2018). Berikut beberapa panduannya:

 

Gunakan Warna-Warna Berani

Cara termudah mengganti suasana ruangan adalah melalui aplikasi permainan warna. Antara lain dengan menambahkan sejumlah warna berani pada bagian aksen dan aksesoris, yang akan langsung mengubah gaya dekorasi ruangan. Bila menginginkan tampilan yang lebih meriah, gunakan corak yang lebih mencolok seperti warna emas atau merah tua.

Untuk hasil terbaik, gunakan nuansa berani sebagai warna aksen baik pada area dinding sebagai titik fokus atau aksesoris seperti kursi berwarna merah, karpet, bantal sofa, dan lain-lain. Padukan bagian yang terang ini dengan corak warna putih untuk menampilkan kesan kontras dan menonjolkan nuansa elegan warna putihnya. Bisa juga dipadukan dengan corak kontras lainnya seperti hijau zamrud untuk mendapatkan efek dramatis.

 

Bermain Dengan Tekstur

Tekstur merupakan elemen yang sering dilupakan dalam proses redekorasi. Padahal, aksesori bertekstur seperti karpet berbulu kasar (shaggy rugs) hingga soft cushion dapat mengubah suasana ruangan. Pilih tekstur yang terasa nyaman seperti wol atau kain mewah seperti beludru (velvet) untuk mengubah suasan ruang.

 

Cat Baru

Melapisi dinding dengan cat baru dipastikan langsung menghadirkan suasana ruang baru. Jangan ragu memulainya sendiri selama mengikuti panduan yang benar. Rapikan kamar dengan memindahkan furnitur ke ruang yang lain, tutupi dengan penutup anti debu, dan mulailah mengecat. Pastikan dinding yang akan dicat telah memiliki permukaan yang halus dan tandai bagian dinding yang ingin dicat menggunakan selotip.