HousingEstate, Jakarta - Apartemen servis Samara Suites di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, besutan PT Synthesis Development menerima sertifikat EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) dari International Finance Corporation (IFC) yang merupakan bagian dari World Bank Group.

Menurut Julius Warouw, Managing Director Synthesis Development, pihaknya mengupayakan sertifikat green itu cukup lama dengan tahapan survei hingga penilaian yang cukup panjang. “Ini bagian dari visi kami menjadi empowering our nation mulai dari yang kami bisa. Sejak lama kami membuka diri untuk menerima konsep green ini dan itu diwujudkan di proyek Samara Suites,” katanya saat temu media untuk menyampaikan sertifikat green itu dan melihat progres pembangunan Samara Suites, Selasa (18/12).

Samara Suites adalah bagian dari pengembangan proyek properti terpadu (mixed use) Synthesis Square (1,6 ha) yang akan mencakup apartemen, menara perkantoran, dan fasilitas komersial. EDGE Consultant Yanu Aryani menjelaskan, saat ini setiap orang bisa membuka website dan menggunakan aplikasi EDGE untuk mengukur tingkat efisiensi sebuah gedung. Bila ingin membuatnya legal, tinggal mendaftar.

“Setidaknya ada tiga standar yang harus dipenuhi sebuah gedung untuk mendapatkan sertikat green. Masing-masing 20 persen bila bisa melakukan penghematan untuk penggunaan energi, air, dan material yang digunakan. Untuk Samara Suites penghematannya 31 persen untuk listrik yang ekuivalen dengan penggunaan 160 ribu lampu fluorescent, 35 liter air atau setara 11 juta liter per tahun, dan 48 persen untuk penggunaan material autoclaved aerated yang setara 48 juta concrete block,” jelasnya.

Julius menyatakan, konsep green yang diterapkan lebih luas lagi hingga penggunaan material kaca sebagai fasad gedung yang bisa menahan sinar matahari sehingga kerja AC lebih ringan. Produk-produk khusus juga digunakan seperti keran wastafel yang standarnya mengeluarkan 8 liter air dibuat menjadi 5 liter, keran sink 12 liter dibuat 7 liter, standar pencahayaan 12 watt/m2 menjadi 6-8 watt/m2 ruangan, dan lain-lain.

Kelak pihak EDGE juga akan mengecek penerapan desain hingga penggunaan material untuk membuat gedung layak mendapatkan sertifikat EDGE. Saat ini progres pembangunan Samara Suites sudah mencapai lantai 12 dari 35 lantai dan ditargetkan bisa tutup atap (topping off) pertengahan 2019.

“Kami sudah merasakan kalau penerapan konsep green itu tidak signifikan secara biaya, tapi akan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen atau investor. Yang mau tinggal akan suka karena biaya listrik dan airnya lebih efisien. Investor juga akan suka karena maintenance gedung lebih murah akan lebih mudah juga disewakan,” kata Julius.