HousingEstate, Jakarta - Sharp, merek produk elektronik rumah tangga asal Jepang, mendapat Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2018 untuk kategori lemari es, mesin cuci, dan TV LED. IBBA adalah ajang penghargaan tahunan yang digelar sejak tahun 2002 oleh majalah SWA dan lembaga survei MARS. Survei dilakukan di tujuh kota besar Indonesia: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin.

“Secara keseluruhan tahun 2018 berhasil dilalui Sharp Indonesia dengan sangat baik. Ketika banyak bermunculan produk elektronik lain dengan teknologi tak kalah canggih, kami tetap sukses membawa pulang penghargaan IBBA 2018. Kemampuan kami menghasilkan local fit products menjadi salah satu faktor produk kami diminati masyarakat Indonesia,” kata Tadashi Ohyama, CEO Sharp Electronics Indonesia, seperti dikutip siaran pers Sharp Indonesia di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Menurut rilis itu, dari ketiga kategori itu, lemari es Sharp mendapat predikat tertinggi Triple Best Brand Platinum Award 2018. “Sepanjang 2002-2018 lemari es Sharp menempati posisi juara. Sejumlah inovasi kami lakukan disesuaikan dengan karakteristik konsumen Indonesia baik desain maupun teknologinya. Tahun ini kami menambah satu terobosan lagi, dengan sertifikasi halal. Fitur-fitur lokal menjadi faktor penting yang membedakan kami dari merek lain,” jelasnya.

Produk TV LED dan dan mesin cuci Sharp juga mengakomodir kekhasan pasar lokal. Antara lain dengan melansir TV Azan untuk membantu konsumen menandai waktu salat lewat TV di rumah, dan mesin cuci khusus untuk mencuci jilbab atau Hijab series serta mesin cuci berkapasitas 14 kg untuk keluarga dengan banyak anak.

Hijab series dirancang dengan kecepatan pulsator yang tepat sehingga tidak merusak bahan hijab yang cenderung tipis. Mesin cuci ini juga menawarkan jilbab pouch, kantong khusus yang dapat digunakan saat proses pencucian untuk membedakan pakaian biasa dengan hijab. Selain membuat bahan hijab tetap terjaga kelembutannya, jilbab pouch juga mampu menghindari permasalahan seperti terbelitnya pakaian hingga kelunturan. Tahun 2019 akan memperkenalkan beragam produk baru lain, termasuk yang disertai teknologi serba internet atau IoT (Internet of Things) yang memudahkan pengoperasiannya dari mana saja.