HousingEstate, Jakarta - Bisnis yang melesu nampaknya tak berpengaruh terhadap bisnis marketplace belanja daring (online) yang nilainya terus meningkat. Salah satunya Tokopedia yang sepanjang tahun 2018 mencatatkan pencapaian yang cukup baik. Didirikan tahun 2009 oleh anak muda William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, platform itu merangkum fakta-fakta menarik sepanjang tahun 2018.

Berdasarkan siaran pers yang diterbitkan di Jakarta dan diterima housing-estate.com, Senin (7/1/2018), beberapa fakta menarik tersebut antara lain, gross merchandise value Tokopedia yang meningkat empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya dengan 25 persen total penjualan barang dikirimkan menggunakan fasilitas some day services.

Selama hampir 10 tahun keberadaan Tokopedia, platform ini telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia dengan jumlah transaksi di luar Pulau Jawa meningkat 66 persen. Pembelian saldo uang elektronik atau e-money di Tokopedia juga bisa digunakan untuk membayar jalan tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120 ribu kali.

Kemudian penjualan M-Tix untuk menonton bioskop, bisa digunakan untuk membeli tiket bioskop sebanyak lima kali jumlah penduduk Kota Padang. Untuk pembelian produk pupuk, transaksi yang sudah dilakukan bisa digunakan untuk memupuk lahan seluas tujuh kali Kota Medan.

Produk mangkuk yang terjual melalui Tokopedia bisa digunakan untuk mangkuk bakso bagi seluruh penduduk Kota Tangerang Selatan, Banten. Total penjualan buah-buahan di Tokopedia juga cukup digunakan untuk menyusun 135 ribu parcel buah selain transaksi 16 juta botol minuman. Sementara itu produk baterai yang terjual bisa untuk menghidupkan 100 ribu motor listrik.