HousingEstate, Jakarta - Patra Jasa, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang hospitality (perhotelan) dan property development, berekspansi ke Arab Saudi menyusul meningkatnya minat pasar berbadah haji dan umrah ke Tanah Suci Makkah dan Madinah yang memperbesar permintaan terhadap penginapan yang berkualitas. Untuk itu PT Patra Jasa telah mengesahkan perjanjian joint venture agreement (JVA) dengan Marei Bin Mahfouz Group & Co (MBM) dan ELMAQ dari Arab Saudi.

Menurut siaran pers yang dikirim Patra Jasa kepada housingestate.id dari Makkah, Minggu (6/1/2019), penandatanganan JVA itu menindaklanjuti penandatanganan head of agreement (HoA) tanggal 31 Oktober 2018 di London (Inggris). Melalui kesepakatan itu semua pihak sepakat membentuk usaha patungan (joint venture) dalam mengoperasikan dan penyewaan (leasing) hotel-hotel di Mekah yang ke depannya juga akan ada di Madinah dan Indonesia.

MBM Group saat ini mempunyai 15 hotel di Mekah yang sudah beroperasi, serta tiga hotel yang dalam tahap pembangunan. Empat di antaranya adalah hotel bintang empat dan 14 lainnya hotel bintang tiga.

MBM Group dan ELMAQ sebelumnya sudah melaksanakan kerja sama dengan salah satu BUMN Indonesia, PT Kimia Farma tahun 2017, melalui pembukaan gerai apotik Kimia Farma di berbagai lokasi di Mekah, Madinah, dan Jeddah.

“Kami bersyukur dengan penandatanganan JVA itu karena kami melihat pertumbuhan bisnis dan kebutuhan akan hospitality di sana (Arab Saudi) terus meningkat. Kami menargetkan JV-nya sudah berdiri semester pertama tahun 2019, sehingga bisa mulai mengoperasikan hotel-hotel di Mekah dan Madinah itu tahun ini. Kerja sama ini merupakan bukti nyata Patra Jasa menjalankan tindak lanjut nota kesepahaman kerja sama ekonomi yang ditandatangani pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi tahun 2017,” kata Pj Direktur Utama PT Patra Jasa Hari Tjahya Wibowo seperti dikutip siaran pers tersebut.

Ke depan ia berharap hotel-hotel yang dioperasikan JV itu bisa membantu penyediaan akomodasi jamaah haji dan umrah Indonesia. Rencana pengembangan bisnis yang akan dilaksanakan Patra Jasa dalam ekspansi itu, berupa investasi dalam sewa hotel di Mekah dan Madinah milik MBM Group dalam jangka panjang. Sementara pihak partnernya akan berinvestasi dalam proyek Patra Jasa di Indonesia melalui usaha patungan.

Patra Jasa yang berdiri tahun 1975 saat ini fokus pada bisnis pengembangan properti (property development) dengan tiga pilar bisnis: property development (antara lain Patra Land Puri Jayasri Housing Complex di Serpong, Tangerang-Banten, apartemen Patra Land Urbano di Bekasi-Jawa Barat, apartemen Patra Land Amarta di Yogyakarta, dan Soho @ Patra Park Cirebon), hotel & resorts (contoh The Patra Bali Resort and Villas, Patra Semarang Hotel & Convention, Patra Comfort Jakarta, Patra Comfort Anyer, Patra Comfort Bandung, dan Patra Comfort Parapat), serta multi services (seperti Cerita Café di Jakarta Timur).