HousingEstate, Jakarta - Restoran cepat saji McDonald’s melakukan program perbaikan fasilitas dan pelayanan melalui renovasi gerai-gerainya. Proyek pertama dilakukan di cabang Arthagading Jakarta yang merupakan salah satu flagship McDonald’s Indonesia dengan kunjungan konsumen tertinggi di Indonesia. Dengan lokasi yang strategis di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan bangunan dua lantai seluas 609 m2 di atas lahan 2.500 m2 berkapasitas 300 kursi dilengkapi free standing drive thru (fasilitas pemesanan dari dalam mobil), gerai itu termasuk yang terbesar di Jakarta.

Mengadopsi konsep global design pada interior, gerai McDonald’s Indonesia mulai meninggalkan citra restoran cepat saji.

McDonald’s tidak sekadar melakukan renovasi tetapi reimaging, bertransformasi meninggalkan citra sebagai restoran cepat saji. “Harapan terbesar kami, konsumen mendapatkan customer journey yang lebih menyenangkan sejak datang sampai meninggalkan restoran,” kata Rina Anggarini, Design Manager of McDonald’s Indonesia. Tim desain di balik proyek ini adalah NCDA yang berbasis di Hong Kong sebagai desainer global, tim desain inhouse McDonald’s Indonesia dan konsultan lokal AXON90. Tantangan tim pengembangan McDonald’s Indonesia adalah keharusan melokalkan segala hal yang diimpor dalam proyek ini agar biaya investasi dan waktu penyelesaian lebih efisien. Berikut perubahan konsep desain interior yang dilakukan McDonald’s untuk mengangkat citra barunya.

 

Alphabet

Restoran yang direnovasi selama 73 hari ini mengadopsi salah satu konsep global design yang bertajuk Alphabet. Konsep yang banyak digunakan di berbagai negara di Asia, Amerika dan Eropa itu, mengeksplorasi bentuk huruf yang terlihat diterapkan pada beberapa artwork di area makan (dine in). Tampak juga penggunaan material finishing dengan modul kecil dalam susunan motif subway dan herringbone.

 

Furnitur Organis

Furnitur didesain organis dengan sudut-sudut unik yang sulit ditiru. Pewarnaan menerapkan kesan kayu natural, putih dan abu-abu, juga kejutan warna kuning yang menjadi warna resmi McDonald’s.

 

Instagrammable

Dekorasi yang minimal menjadi keutamaan dari konsep interior dengan banyaknya sudut yang bisa menghasilkan foto yang bagus dan siap dibagikan di Instagram alias instagrammable.

Self Ordering Kiosk


Restoran kini memiliki empat layar self ordering kiosk (mesin pemesan sendiri) dengan cashless payment tanpa harus mengantri di counter order seperti restoran fast food pada umumnya. Self ordering kiosk dengan layar sentuh ini dibuat user friendly guna memudahkan konsumen menggunakannya. Di luar konsep yang baru, hal substansial lain yang dibenahi adalah penyediaan toilet yang bersih, juga ruang salat yang nyaman. Fasilitas drive thru juga ditingkatkan dengan pelayanan pesanan di dua jalur antrian sekaligus.