HousingEstate, Jakarta - Memiliki rumah mungil dengan lahan yang terbatas, memerlukan pendekatan yang berbeda dalam penataan ruangnya. Jika dulu kita terpaku pada sekat-sekat untuk membatasi ruang, di rumah kecil tidak berlaku lagi. Salah satu taktik membuat ruang terasa lapang di lahan terbatas, justru dengan mengangkat kesan terbuka. Interaksi ruang dalam dengan area luar yang terbuka juga layak diterapkan lebih banyak.

Menempatkan ruang makan dekat area terbuka membuat terasa lebih luas.

Keuntungannya, ruang dalam memiliki pemandangan yang luas dan bermanfaat juga untuk sirkulasi cahaya dan udara lebih lancar. Anda bisa memulainya pada penataan ruang makan di rumah. Geser lokasi area untuk makan dekat jendela atau tak berbatas dengan taman untuk menghasilkan kesan lebih luas dan suasana yang menyegarkan. Berikut ini beberapa contoh penataan ruang makan semi terbuka di rumah kecil yang bisa menjadi inspirasi anda.

 

Bingkai Pemandangan

Rumah contoh The Premier Estate, Jakarta Timur

 

Di dalam rumah seluas 63 m2 ini ruang makan ditempatkan dekat jendela dan pintu kaca lebar  transparan. Pemandangan ke taman belakang yang tertata apik dan seolah menyatu dengan ruang luar menambah keindahan di ruang makan kecil. Pilihan furnitur modern dihadirkan dengan warna netral agar tidak bertabrakan dengan view taman yang beraneka warna.

 

Menyatu dengan Taman

Serpong Natura, Gunung Sindur, Bogor

 

Jika anggota keluarga lebih banyak dan butuh ruang makan lebih longgar, coba manfaatkan area luar yang sedikit terpisah dari rumah utama. Seperti ruang makan di rumah tipe 55 ini yang menyatu dengan taman kering tak beratap. Tingkatkan kesan luas ruang dengan meja persegi panjang yang memuat lebih banyak tapi berkesan ramping. Tambahan kursi bisa ditempatkan di kedua ujung meja.

 

Simpel Interaktif

Talaga Bestari, Cikupa, Tangerang

 

Di rumah tipe 24 ini ruang makan berbagi dengan area dapur dan berimpit langsung dengan taman belakang yang rimbun oleh pepohonan. Pilihan meja bundar lebih tepat di ruang terbatas untuk membentuk kesan yang simpel dan hemat tempat. Interaksi elemen lansekap yang didominasi warna hijau dengan area makan mungil ini terlihat harmonis.

 

Monokrom Dinamis

Tanjung Bunga, Makassar

 

Palet warna monokromatik yang terang secara visual mampu mengangkat kesan lebih luas pada ruang makan di rumah tipe 51 ini. Kabinet dapur yang berdampingan juga dihadirkan minimalis tanpa aksesoris dengan warna senada. Meja kotak dengan empat kursi bergaya retro ditata diagonal terhadap taman sehingga tidak monoton. Taman dirancang dengan komposisi tanaman perdu dan pohon tinggi yang tampak dinamis mengimbangi suasana kalem di ruang makan.