HousingEstate, Jakarta - Perumahan seluas 5,5 ha (488 unit) dari PT Kreasi Prima Land di Jl Cikahuripan, Klapanunggal, Bogor, ini tidak seperti perumahan bersubsidi lain. Bahkan, tidak berlebihan jika dibilang setara perumahan nonsubsidi. Contoh, gerbang utamanya dibangun dengan desain yang cukup representatif, jalan utamanya lebar (10 m), dibeton setebal 15 cm, dan dilapisi hotmix. Keamanannya menggunakan sistem klaster dengan seluruh kawasan ditembok keliling, dijaga satpam 24 jam, dilengkapi enam kamera CCTV.

KONSUMENNYA ANTRI. KALAU ADA YANG MEMBATALKAN PEMBELIAN PAGI, SORE SUDAH ADA PEMBELI PENGGANTINYA.

Developer juga menyediakan taman bermain anak dan masjid dengan anggaran Rp1 miliar. Untuk memakmurkannya, masjid dilengkapi rumah ustad. “Jika ada warga yang meninggal, kami siap mengurusnya, mulai dari memandikan hingga menguburkan,” kata Hadiana, Direktur PT Kreasi Prima Land.

PESONA PRIMA CIKAHURIPAN 5
Most Favoured Affordable Class-Small Scale Housing Estate in Bogor

Untuk kelangsungan kegiatan-kegiatan sosial itu, developer akan membentuk yayasan yang melibatkan warga perumahan. Fungsi yayasan antara lain mengelola sarana pendidikan, usaha penyediaaan kebutuhan pokok, dan usaha-usaha lain. Hasilnya dapat dipakai untuk biaya kegiatan-kegiatan sosial seperti operasional dan pemeliharaan masjid, biaya pemakaman warga yang meninggal, beasiswa pendidikan, dan lain-lain. “Prinsipnya di sini kami ingin bersama warga selamanya,” katanya.

Go green

Untuk kegiatan go green (penghijauan), developer antara lain membuat program menanam seribu pohon buah di area perumahan. “Setiap dua rumah saya tanam satu pohon,” katanya. Selebihnya ditanam di lahan fasos-fasum. Ia berharap dengan ditanamnya seribu pohon buah itu, lingkungan perumahan jadi asri dan nyaman ditinggali.

Pesona Prima Cikahuripan 5

Upaya developer lainnya, membuat kolam penampungan air hujan (seluas 1.900 m2 lebih) yang sekaligus difungsikan sebagai kolam penetrasi air limbah rumah tangga sebelum dialirkan ke sungai. Kolam juga dimanfaatkan warga sebagai area pemancingan, sementara di sekeliling kolam diperkeras dengan paving untuk area joging.

Senang kalau ada yang batal

Dengan beragam keunggulan itu konsumen antri membeli rumah di Pesona Prima Cikahuripan 5. Seluruh rumah yang dipasarkan habis. Harganya sesuai ketentuan pemerintah, Rp148 juta/unit sudah termasuk BPHTB dan peningkatan sertifikat dari HGB ke Hak Milik. Menurut Hadiana, waiting list konsumennya masih panjang. Maka itu kalau ada yang membatalkan pembelian, ia senang. “Langsung kami buy back. Kami jual lagi sebagai rumah nonsubsidi, dan harganya lebih mahal Rp20 juta. Pagi saya buy back, sore sudah ada pembelinya,” ungkapnya.

Bagi konsumen yang belum kebagian, developer akan mengembangkan Pesona Prima Cikahuripan 6 seluas delapan hektar di seberangnya. Karena prestasinya itu, Pesona Prima Cikahuripan 5 mendapatkan HousingEstate Awards 2018 kategori “Most Favoured Affordable Class–Small Scale Housing Estate in Bogor” dari majalah HousingEstate dan housing-estate.com.