HousingEstate, Jakarta - Hingga akhir 2018 bisnis properti masih lesu, terutama pasar menengah atas. Kendati demikian sejumlah proyek masih membukukan penjualan yang cukup bagus. Salah satunya Jakarta Garden City (370 ha) besutan PT Mitra Sindo Sukses (Modernland) di Cakung, Jakarta Timur. Hingga November penjualannya hampir mencapai Rp1,4 triliun, mencakup lebih dari 600 rumah, ruko, dan apartemen. Karena itu Jakarta Garden City (JGC) berhak mendapatkan Housing Estate Awards 2018 kategori “Most Favoured Township Scale Housing Estate in Jakarta”.

HARGA RUMAHNYA WAJAR, LOKASI DEKAT JALAN TOL, DAN FASILITAS KOMERSIAL MAKIN BANYAK.

Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales JGC, menyebutkan, hingga Oktober 2018 penjualannya rata-rata di atas Rp60 miliar per bulan. Bahkan, Agustus 2018 spektakuler, mencapai Rp187 miliar. Padahal, saat itu tak ada klaster atau produk baru diluncurkan. Banyak konsumen tertarik karena skala pengembangannya paling luas di Jakarta, harganya rasional, fasilitas makin lengkap, dan lokasi strategis di pinggir jalan tol JORR Cakung-Cilincing.

Housing Estate Awards 2018
JAKARTA GARDEN CITY
Most Favoured Township Scale Housing Estate in Jakarta

Permintaan meningkat tajam sejak tahun 2017 menyusul pembangunan AEON Mall dan beroperasinya akses tol Cilincing-Tanjung Priok, mengoneksikan tol JORR dengan tol dalam kota Jakarta. JGC dekat gerbang tol Cakung Timur pun mudah diakses dari berbagai penjuru Jabodetabek melalui jalan tol.

Ekspekstasi pasar makin tinggi karena JGC jadi alternatif Kelapa Gading, kawasan bisnis dan perdagangan di Jakarta Utara yang sudah tinggi harga propertinya. Jaraknya hanya sekitar 4 km melalui Jl Tipar Cakung. Penyediaan area komersial yang cukup banyak di JGC disukai pebisnis dan investor. Sementara perbedaan harganya cukup jauh dengan Kelapa Gading. Konsumen mengejar potensi kenaikan harga itu. Rumahnya dibandrol mulai dari Rp1,7 miliar (tipe 68/90). Cara bayarnya cukup ringan dan fleksibel. Pembelian dengan KPR depe-nya hanya 5-10 persen. Pembelian secara tunai bertahap dapat diangsur hingga 36 kali.

Derasnya permintaan pasar itu tergambar dari diluncurkannya produk-produk baru dalam durasi berdekatan. Sepanjang 2018 JGC merilis dua klaster baru (Matsu@Shinano dan Mahakam), Cleon Park Shophouse, apartemen Cleon Park (25 lantai), dan ruko New East. Sebagian besar rumah di dua klaster itu sudah terjual, Cleon Park Shophouse dan apartemennya habis saat launching. Apartemen 310 unit dan shoup houses 43 unit yang dirancang untuk usaha lifestyle itu lokasinya di pinggir Jalan Bulevar, sekitar 300 meter dari AEON. Ruko New East (4,7 ha/73 unit) yang dirancang untuk usaha F & B seharga Rp5-11 miliar/unit lokasinya juga dekat mal.

JGC akan makin menarik seiring bertambahnya fasilitas di kawasan. Saat ini tengah dibangun toko furnitur IKEA (3,7 ha/89.000 m2) asal Swedia di seberang AEON. Ini toko IKEA pertama di Jakarta yang akan beroperasi tahun 2020. AEON dan IKEA dipercaya mengangkat gengsi kawasan dan mendongkrak penjualan. Beberapa brande resto juga membuka gerai yang membuat kawasan tambah ramai.