HousingEstate, Jakarta - Kendati belum mencapai target, penjualan Paramount Land, pengembang Paramount Serpong (700 ha) di Gading Serpong, Tangerang, Banten, disebut lebih baik dibandingkan tahun 2017. Dari target penjualan 2018 sebesar Rp2 triliun, hingga Oktober sudah tercapai hampir 75 persen atau sekitar Rp1,5 triliun.

DEVELOPER MENGGELAR KIAT PEMASARAN INOVATIF DAN
MENARIK UNTUK MENGANGKAT PENJUALAN.

“Tren penjualan kami selama tiga tahun terakhir selalu bagus pada semester pertama, dan kita kejar lagi pada hari-hari terakhir akhir tahun seperti saat ini. Untuk tahun 2018 pencapaian kami yang paling top pada bulan April hingga Juni, dan hari-hari terakhir bulan Desember ini yang juga cukup kencang,” kata M. Nawawi, Associate Director Paramount Land.

Housing Estate Awards 2018
PARAMOUNT LAND
Most Favoured Middle Up Class-Township Scale
Housing Estate in Tangerang

Block party

Ada beberapa strategi yang dilakukan agar penjualan etap baik saat pasar masih lesu seperti saat ini. Salah satunya menggelar block party di klaster hunian yang sudah jadi. Party itu berupa ajang pertemuan atau kumpul-kumpul warga. Sambil menikmati berbagai acara, kuliner, live music, permainan untuk anak, konsumen bisa melihat langsung unit contoh, berbagai keunggulan properti dan suasana kawasan serta dukungan promosinya.

Strategi itu berhasil mengangkat penjualan beberapa klaster seperti Latigo, Boston, Menteng. Menteng adalah klaster dengan penjualan yang agak lambat, namun setelah beberapa kali block party menjadi lebih cepat. Bahkan, klaster Carillo yang belum mengadakan block party, bisa langsung habis terpesan karena lokasinya berada di Latigo yang sudah menggelar block party.

“Iklan konvensional di media, billboard, dan TV tidak efektif lagi karena secara emosi kurang masuk. Konsumen harus diajak merasakan experience dengan datang langsung ke lokasi sehingga bisa bercerita. Terbukti ajang itu membuat repeat order (pembelian berulang) menjadi tinggi dan masyarakat di luar kawasan tertarik datang,” jelasnya.

 

Cuci gudang

Kiat lain untuk menggenjot penjualan, dengan menggelar program Bang 345! yang memberikan bunga promo KPR fixed 3 tahun sebesar 4 persen per tahun dengan depe 5 persen. Target pasarnya kaum milenial. Juga mengangkat penjualan, program cuci gudang. Paramount melepas stok lama rumah-rumahnya dengan diskon besar, sehingga konsumen seperti membayar tanahnya saja. Karena itu tagline-nya “Cuci Gudang: Beli Tanah Dapat Rumah”.

“Program cuci gudang tidak kami iklankan sama sekali, tapi hasilnya sangat baik. Baru seminggu diluncurkan, perolehannya sudah Rp100 miliar,” ujarnya. Ia menyatakan, secara keseluruhan pada kuartal I Paramount meraih Rp400 miliaran, kuartal II Rp450 miliar, kuartal III Rp375 miliar dengan perolehan tertinggi April Rp220 miliar. “Desember kami jualan lebih kencang dengan program cuci gudang. Total tahun ini kami menjual 750 unit hingga 15 Desember atau rata-rata 8-9 unit per hari,” ungkapnya.