HousingEstate, Jakarta - Meski memasuki puncak tahun politik, pasar properti di Pontianak, Kalimatan Barat (Kalbar) tetap menunjukkan tren positif, khususnya di residensial segmen menengah atas. Di samping daya beli masyarakat pada sector property sedang tinggi, juga karena tingkat kepercayaan masyarakat kepada pelaku pembangunan properti kian meningkat.

“Pasar property kita (Pontianak) saat ini menggeliat dengan masuknya sejumlah pengembang nasional yang membangun perumahan untuk kalangan menengah atas di Pontianak, Kubu Raya, dan kota lainnya,” kata Gubernur Kalbar Sutarmijdi beberapa waktu lalu di Pontianak, seperti dikutip siaran pers CitraGraden Pontianak di Pontianak akhir Januari lalu.

Menurut Sutarmijdi, tetab bagusnya pasar properti di Kalbar terutama di Kota Pontianak tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Kalbar yang terus positif. “Pertumbuhan ekonomi Kalbar terus membaik. Inflasi terkendali dan daya beli terus terjaga. Pontianak adalah salah satu kota di Indonesia dengan prospek ekonomi yang menjanjikan,” jelasnya.

Senada dengan Gubernur Kalbar, Jusanto Harijatno, Associte Director PT Ciputra Residence, pengembang CitraGarden Pontianak, menyatakan, dalam enam bulan terakhir ini pasar properti di Pontianak, khususnya di segmen menengah atas terus mengalami tren positif. Pada triwulan IV 2018 penjualan perumahan mewah CitraGarden Aneka, Pontianak meningkat signifikan mencapai 80 persen dibanding triwulan yang sama tahun 2017.

“Penjualan tiga bulan terakhir CitraGarden Aneka meningkat signifikan. Ini karena respon pasar makin baik terhadap proyek kami. Apalagi setelah kami bekerjasama dengan perbankan melakukan gathering nasabah prioritas beberapa bank nasional,” ujar Jusanto di CitraGarden Aneka, Pontianak, Rabu (30/1/2019).

Hal yang positif lain adalah, setiap hari kunjungan konsumen ke lokasi proyek juga makin meningkat. Ini mengindikasikan lokasi CitraGarden Aneka makin dikenal dan produk-produknya sangat menarik untuk segmen menengah atas di Pontianak,” tuturnya. Apalagi, setelah serah terima rumah di perumahan yang sangat dekat dengan bandara Supadio itu makin banyak sejak akhir tahun lalu.

Selain itu Citra Garden Aneka saat ini juga menjadi perumahan paling eksklusif dengan infrastruktur berkelas di Pontianak, sehingga memiliki rumahnya menjadi gengsi tersendiri. Agar penghuni yang menempati rumahnya makin nyaman, developer juga segera menyelesaikan pembanguna fasilitas club house dengan target selesai bulan Februari, menyusul kolam renang yang sudah beroperasi akhir tahun lalu.

Akan dibangun juga lapangan tenis dan basket di dalam club house selain kolam renang, gym, fitness centre, ruang serba guna , dan lain-lain. Yang juga telah tersedia adalah trek jogging dan jalur sepeda. CitraGarden Aneka Pontianak memasarkan banyak tipe rumah seharga Rp1-4 miliaran/unit. Yang saat ini paling diminati tipe Blossom dan Amarylis dengan bangunan dua lantai, terutama oleh pasangan muda.

Saat ini developer memberikan harga khusus untuk pembelian dengan KPR dari bank, sama dengan harga pembelian secara tunai. Biasanya pembelian rumah real estate dengan KPR harganya lebih tinggi dibanding secara tunai. CitraGarden Aneka Pontianak seluas total 25 ha berada di Jalan Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, yang menghubungkan pusat kota dengan bandara.