HousingEstate, Jakarta - Citra Sentul Raya (1.000 ha) baru dipasarkan tahun 2019. Tapi, sudah diikutkan developernya Ciputra Group dalam ajang Green Property Awards 2018 yang diadakan setiap tahun oleh majalah HousingEstate dan housing-estate.com, karena master plan kota baru itu dirancang ramah lingkungan. Lokasinya di Sentul, Bogor, membentang dari gerbang Sentul Sirkuit di jalan tol Jagorawi hingga lahan perumahan Rainbow Hills Golf dan Sentul City. Sirkuit Sentul, Palm Golf (18 hole), dan Lor Inn Hotel akan tercakup dalam kawasan proyek. Jalan Puncak II dari Sirkuit Sentul ke Cianjur yang akan dibangun Pemkab Bogor juga akan melintasi arealnya.

HUNIAN DIRANCANG BERKELANJUTAN MELALUI ENERGY SAVING, DAUR ULANG AIR, DAN APLIKASI SISTEM RUMAH PINTAR.

Citra Sentul Raya dirancang sesuai tata ruang kawasan yang berkepadatan rendah. Ciputra mengembangkannya dengan konsep resort dengan koefisien dasar bangunan (KDB) lahan di bagian depan 40 persen. “Sedangkan KDB lahan di sisi belakang jauh lebih rendah lagi,” kata Arif Hidayat, GM Planning PT Ciputra Residence. KDB tersebut mencakup kaveling siap bangun, serta kawasan di dalam dan luar klaster. Jadi, nanti kaveling rumah-rumah di Citra Sentul Raya besar-besar dikelilingi ruang terbuka hijau (RTH) yang luas (60-80 persen dari total luas lahan).

Green Property Awards 2018
CITRA SENTUL RAYA
Green Planning

Developer juga akan meningkatkan kualitas lingkungan dengan menata lahan yang masuk garis sempadan sungai (GSS) Cikeas yang melintasi Citra Sentul Raya sepanjang sekitar 2 km persis di belakang Sirkuit Sentul. Antara lain dengan melakukan normalisasi dan memperkuat tanggul kiri-kanan sungai dengan bronjong, menanam pohon-pohon keras dengan akar kuat dan tajuk rimbun untuk menahan longsor sekaligus meredam suara dari aktivitas balapan di sirkuit. “Area di belakang sirkuit akan dikembangkan untuk klaster pertama dan kedua,” ujarnya.

Developer juga mengembangkan proyek berbasis teknologi, dengan menyiapkan jaringan serat optik untuk mendukung penerapan fitur smart home dan menjadikan kota baru itu sebagai smart city. Developer juga mengandalkan suplai air bersih dari PDAM untuk kebutuhan penghuninya kelak, bukan air dari dalam tanah. Dibuatkan juga jalur sepeda dan pejalan kaki untuk menekan pemakaian kendaraan pribadi, serta mengoneksikan Citra Sentul Raya dengan stasiun kereta ringan atau light rail transit (LRT) Cibubur-Bogor di areal proyek hunian terpadu (mixed use) Royal Sentul Park besutan PT Adhi Commuter Properti di dekatnya.

“Dari kawasan pusat bisnis (CBD) Citra Sentul Raya ke stasiun LRT itu kelak hanya sekitar 300 meter,” ungkap Arif. Ciputra akan membuatkan pedestrian agar penghuni senang menjangkaunya dengan bersepeda atau berjalan kaki. “Kami ingin mendorong sebanyak mungkin warga Citra Sentul Raya memanfaatkan angkutan umum itu ke tempat beraktifitasnya,” jelasnya. Masih ada sejumlah fitur green lain yang akan diterapkan di proyek ini. Karena itu Citra Sentul Raya layak mendapatkan Green Property Awards 2018 kategori green planning.