HousingEstate, Jakarta - Produk bahan bangunan adalah salah satu dari banyak bisnis terkait properti yang juga terpengaruh kelesuan pasar lima tahun terakhir. Namun, di tengah kondisi pasar dan persaingan yang cukup ketat itu, beberapa merek tetap bertahan menjadi favorit pasar. Tahun ini Housing Estate Awards 2018 (HEA) yang diadakan majalah HousingEstate dan housing-estate.com memberikan penghargaan kepada lima produk di antaranya.

DESAIN YANG MEMENUHI SELERA, LAYANAN PURNA JUAL, HINGGA FOKUS PADA TARGET PASAR MEMBUAT KELIMA PRODUK SELALU MENJADI FAVORIT.

Yaitu, profil alumunium ekstrusi Alexindo (PT Alexindo) sebagai “Most Favoured Alumunium Frame for Middle Class Housing Projects”, panel baja ringan Steeltruss (PT Alsun Suksesindo) sebagai “Most Favoured Steel Truss for Middle Class Housing Projects”, saklar-stop kontak Schneider (PT Schneider Electric Indonesia) sebagai “Most Favoured Switches & Socket for Residential Projects”, kusen alumunium YKK-AP (PT YKK AP Indonesia) sebagai “Most Favoured Alumunium Frame for Middle-Up Class Housing Products”, dan genteng keramik Kanmuri (PT Keramindo Megah Pertiwi) sebagai “Most Favoured Ceramics Roof Tile”.

HEA Building Materials 2018 – Alexindo

Selain berkualitas menurut segmen pasar masing-masing, kepandaian membaca situasi pasar menjadi kiat produsen lima bahan bangunan itu bertahan melalui gelombang pasar. Alexindo misalnya, sudah lazim digunakan sebagai kusen pintu, jendela, rolling door, sistem partisi, rangka plafon, show case, foot step, dan roof rack untuk mobil, hingga heat sink dan lampu jalan. Menurut Miranda Hapsari, Deputy General Manager PT Alexindo, kelebihan profil alumunium, bobotnya ringan dan anti karat, sehingga bisa menjadi substitusi kayu.

Finishing profil alumunium Alexindo bergaransi 10-25 tahun dan harganya lebih kompetitif dibanding produk lain di kelasnya. Range produk juga terus diperluas untuk berbagai keperluan. Karena itu produk kami diminati (banyak proyek properti),” katanya. Profil baja ringan seperti Steeltruss juga sudah menjadi pengganti kayu di proyek perumahan selain layak untuk proyek infrastruktur. Di perumahan Steeltruss banyak dipakai sebagai rangka atap, di proyek infrastruktur sebagai pagar pengaman jalan (guard rail). Jalan tol Soreang-Pasir Koja (Bandung) salah satu yang memakainya.

HEA Building Materials 2018 – SteelTruss

Tanggap situasi pasar

Niken Widyasti, Product Manager Switch & Socket Schneider Electric Indonesia mengatakan, agar tetap favorit, produsen harus tanggap melihat situasi pasar. Schneider memanfaatkan betul pertumbuhan pesat properti untuk segmen menengah ke bawah dengan menawarkan produk berkualitas dengan harga ekonomis. Sedangkan pasar menengah atas yang melemah disiasati dengan menggarap pasar renovasi rumah.

HEA Building Materials 2018 -Schneider

“Melihat pasar yang lesu, kami giat memasarkan produk median basic Leona selain Schneider untuk segmen atas. Dua produk ini cocok untuk pasar Indonesia sesuai segmennya. Leona itu untuk mass product (proyek real estate). Untuk yang premium kami menyasar pasar renovasi, karena banyak orang memilih merenovasi rumahnya ketimbang membeli rumah baru,” katanya.

Faktor lain yang membuat produk Schneider tetap favorit, kemampuannya memenuhi tuntutan desain yang beragam dan terus berkembang. Secara umum pasar di Indonesia menyukai soket dengan bentuk yang clean dan modern. Edukasi ke pengembang dan kontraktor juga terus dilakukan, karena kebanyakan orang masih menganggap produk seperti stop kontak tidak terlalu penting pada bangunan.

HEA Building Materials 2018 – YKK-AP

Garansi purna jual

Sementara Arif Setiawan, GM Marketing & Sales PT YKK AP Indonesia, menyebutkan, dua kunci utama yang membuat produk YKK tetap favorit adalah kualitas dan after sales service (layanan purna jual)-nya yang bagus. Umumnya merek lain hanya menjual produk dan tidak memerhatikan komplain konsumen setelah produk terpasang. YKK AP memberikan garansi parts hingga lima tahun dan kunjungan langsung ke pengguna bila ada komplain.

“Memang butuh edukasi, tapi itu yang kami lakukan supaya konsumen percaya, karena produk seperti ini banyak dan siapa saja bisa jual. Tapi, bagaimana dengan layanan purna jualnya? Kami juga terus follow up konsumen loyal dari developer serta lebih intensif menjual ke private housing. Dampaknya penjualan kami cukup stabil dengan kapasitas produksi 900 ton per bulan dan komposisi 50:50 untuk pasar domestik dan ekspor,” tuturnya.

HEA Building Materials 2018 – Kanmuri

Sedangkan General Manager Kanmuri John SL Chang mengantisipasi perubahan pasar dengan menawarkan aksesoris yang relevan selain produk utama, ditambah edukasi mengenai cara pasang yang baik. Aksesoris genteng itu makin penting karena tuntutan desain dan perkembangan zaman. “Jadi, kami tidak hanya fokus pada fungsi utama genteng yang tidak boleh bocor, tapi juga profil yang lengkap dan pemasangan tanpa semen yang praktis, rapi, dan lebih sehat bagi rumah,” katanya.