HousingEstate, Jakarta - Menurut Peony Tang, Direktur Utama PT Setiawan Dwi Tunggal, pengembang  superblok SouthCity (55 ha) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, yang pada tahap awal mengembangkan komplek ruko dan apartemen The Parc, tidak ada yang salah dari gaya hidup milenial yang suka mencari pengalaman baru ketimbang memikirkan investasi masa depan. Hanya, menurutnya milenial juga harus mulai bijak dalam mengelola keuangan dan tidak terjebak pada gaya hidup yang boros dan melupakan investasi yang lebih jangka panjang.

“Kami hitung kebiasaan milenial minum kopi di kafe. Itu setidaknya mengeluarkan biaya Rp50-150 ribu. Ini yang kami sosialisasikan kepada milenial untuk mulai memikirkan investasi jangka panjang. Kalau untuk minum kopi saja bisa Rp1,5 juta per bulan, itu sudah bisa untuk mencicil uang muka (depe) apartemen seharga Rp300 jutaan,” katanya melalui siaran pers di Tangerang Selatan, Selasa (12/2/2019).

Peony memberikan gambaran, dalam 10 tahun ke depan harga properti akan terus naik. Bila tidak disiasati sejak sekarang, generasi milenial akan makin sulit memiliki rumah. Untuk itu SouthCity mengeluarkan program “Nabung DP” untuk pembelian apartemen The Parc di  kawasan SouthCity.

“Nabung DP” memungkinkan konsumen mencicil depe 20 persen atau Rp3,3 juta per bulan selama dua tahun. Setelah lunas, cicilan apartemen bisa dilanjutkan dengan KPA dari bank dengan cicilan Rp3 jutaan/bulan. Untuk itu milenial hanya perlu menyisihkan Rp99 ribu setiap hari atau sama dengan anggaran untuk minum kopi di kafe.

The Parc (5,5 ha/3 menara/13 lamntai/1.701 unit dipasarkan sejak Juni 2018. Saat ini tower pertama (392 unit) diklaim sudah terpesan 40 persen dan sepanjang tahun ini ditargetkan bisa terjual hingga 70 persen. Tipe unitnya studio 22,55 m2, 1 kamar tidur (KT) 30-36,66 m2, dan 2 KT 45 m2 seharga Rp325-700 jutaan/unit.

Di proyek developer makan menyediakan fasilitas gym, area kuliner, hingga co-working space yang bisa disewa harian dan bulanan untuk mendukung pengembangan start up company yang dirintis kaum muda atau mendukung gaya kerja mereka yang fleksibel dan informal.