HousingEstate, Jakarta - PT Pancakarya Griyatama telah memulai proses serah terima unit apartemen Skandinavia (1 menara/1.065 unit) sejak akhir tahun lalu dengan rata-rata 70-100 unit yang diserah-terimakan setiap bulan. Skandinavia adalah bagian dari superblok Tangerang City (Tangcity/10,9 ha) di Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Dari total 1.000-an unit hunian, Skandinavia menyediakan 300 unit untuk dikelola sebagai apartment hotel (apartel) oleh Fika Room (setara bintang tiga). Tipe unitnya dua kamar tidur (KT) berukuran 44,81 seharga Rp1,041 miliar dan sudah berperabot lengkap (full furnished). Tahap pertama Fika Room ditawarkan mengelola 150 unit.

Menurut Hene Putro, General Manager Skandinavia, skema menarik untuk pembelian unit hunian yang dijadikan investasi (apartel) Fika Room, memungkinkan investor menerima hasil investasi  100 persen dalam delapan tahun. Fika Room akan beroperasi September tahun ini setelah developer menyelesaikan proses serah terima unit di Skandinavia hingga Juni 2019.

Ia menjelaskan, di kawasan Tangcity sudah lama beroperasi Novotel yang rate-nya Rp1 juta per malam dan okupansinya selalu di atas 90 persen saat hari biasa (weekday). Fika Room dengan rate hanya Rp688 ribu/malam dan kelasnya hampir sama, diprediksi juga akan diminati. Dengan asumsi okupansi rata-rata 70 persen dan pembagian hasil 75:25 antara investor dan pengelola, rate menginap itu setelah dipotong pajak hotel dan biaya overhead (listrik, air, servis, dan lain-lain), net menjadi sekitar Rp560 ribu.

“Dengan pendapatan sebesar itu, dalam delapan tahun investasi pada unit sudah break event (balik modal),” katanya kepada housingestate.id di Jakarta, Senin (11/3/2019). Sementara kontrak dengan Fika Room 10 tahun. Jadi ada waktu dua tahun untuk mendapatkan yield. Di pihak lain, pada saat itu harga unit juga sudah naik. Jadi, kalau dijual, ada keuntungan dari selisih harga beli dan jual (capital gain).

Ia mengklaim, dari hasil survei pasar Tangerang membutuhkan 500-700 kamar yang dibuktikan dengan okupansi Novotel yang selalu di atas 90 persen. Kebutuhan hotel yang bagus yang terus meningkat di Tangerang, tidak terlepas dari perkembangan bandara Soekarno Hatta, kawasan industri, hingga pariwisata. Selain itu Tangcity juga memiliki ballroom terluas yang kerap menolak tamu saat ada acara karena kamar hotel yang tidak mencukupi.

“Investor yang tertarik harus menyetor deposit Rp50 juta dengan kontrak (pertama) lima tahun. Deposit akan dikembalikan saat kontrak berakhir. Kami juga membuat aturan (house rule), pemilik unit tidak boleh menyewakan unitnya kecuali melalui kami untuk menjaga pasar Fika Room,” ungkapnya.